Intelijen Korsel Peringatkan Rencana Serangan Korut, Salah Satunya di Negara Tetangga Indonesia

Intelijen Korsel Peringatkan Rencana Serangan Korut, Salah Satunya di Negara Tetangga Indonesia

Global | okezone | Minggu, 5 Mei 2024 - 13:26
share

SEOUL - Badan mata-mata Korea Selatan memperingatkan bahwa Korea Utara merencanakan serangan “teroris” yang menargetkan pejabat dan warga negara Korea Selatan di luar negeri. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan telah meningkatkan tingkat kewaspadaan untuk misi diplomatiknya di lima negara.

Badan Intelijen Nasional (NIS) pada Jumat, (3/5/2024) mengatakan baru-baru ini “mendeteksi banyak tanda bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan serangan teroris terhadap staf kedutaan atau warga negara kami di berbagai negara, (seperti) China, Asia Tenggara, dan Timur Tengah”.

“Korea Utara telah mengirim agen ke negara-negara ini untuk memperluas pengawasan terhadap kedutaan besar Korea Selatan dan juga terlibat dalam aktivitas spesifik seperti mencari warga Korea Selatan yang berpotensi menjadi target teroris,” kata badan itu dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP.

NIS mengatakan hal itu tampaknya terkait dengan gelombang pembelotan oleh warga elit Korea Utara yang terjebak di luar negeri selama pandemi dan sekarang menghindari pulang ke rumah setelah Pyongyang melonggarkan kontrol perbatasan yang ketat, karena menjadi “skeptis” terhadap rezim tersebut.

Pyongyang menganggap pembelotan sebagai kejahatan serius dan diyakini akan memberikan hukuman berat kepada pelanggar, keluarga mereka, dan bahkan orang-orang yang terkait dengan insiden tersebut.

Para pejabat kedutaan Korea Utara mungkin menyampaikan laporan palsu yang menyalahkan faktor-faktor "eksternal" atas pembelotan sukarela rekan-rekan mereka, dalam upaya untuk menghindari hukuman, kata NIS.

Akibatnya, Korea Utara mungkin “merencanakan pembalasan” terhadap staf kedutaan Korea Selatan dengan alasan seperti itu, tambah badan tersebut.

Topik Menarik