Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta 2024 Mungkinkah Terwujud?

Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta 2024 Mungkinkah Terwujud?

Terkini | okezone | Minggu, 5 Mei 2024 - 07:20
share

JAKARTA - Wacana menduetkan pasangan Anies Baswedan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilgub DKI Jakarta 2024 ramai dibicarakan. Kedua mantan gubernur Jakarta itu punya massa pemilih loyal dan elektabilitas tinggi, dinilai bisa langsung menang satu putaran. Tapi apakah mungkin terwujud?

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin menilai wacana duet Anies Baswedan-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak akan terjadi di Pilgub Jakarta 2024.

"Saya sih melihat ya sulit terjadi duet atau pasangan antara Anies dan Ahok," kata Ujang saat dihubungi, Sabtu 4 Mei 2024.

 BACA JUGA:

Setidaknya, ada sejumlah alasan yang mendasari Ujang menilai sulitnya duet antara Anies dan Ahok. Pertama, keduanya pernah menjabar sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pertama, Ahok dan Anies pernah menjadi gubernur. Apakah Ahok mau menjadi wakil gubernur? Persoalannya itu," ucap Ujang.

Alasan kedua, kata Ujang, basis pemilih antara Anies dengan Ujang memiliki perbedaan yang sangat jauh, terkhusus ideologi. Ia berkata, basis pemilih kedua tokoh itu bak minyak dan air.

 BACA JUGA:

"Jadi saya melihat sulit untuk memasangkan Anies dengan Ahok. Oleh karena itu saya melihat sulit dan berat memasangkan dua tokoh tersebut," tutur Ujang.

Bila dipaksa dipasangkan, Ujang menilai, duet antara Anies-Ahok akan sulit memenangkan kontestasi. "Kalaupun dipasangkan, dengan Ahoknya pernah terpidana, sulit juga untuk bisa menang," katanya.

"Jadi saya melihat selain sulit dipasangkan, sulit juha untuk bisa menang," tandas Ujang.

Topik Menarik