Kerah Biru: Kisah Tukang Sol Sepatu 20 Tahun Merantau ke Jakarta Demi Keluarga

Kerah Biru: Kisah Tukang Sol Sepatu 20 Tahun Merantau ke Jakarta Demi Keluarga

Nasional | okezone | Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:23
share

JAKARTA - Terik matahari tidak menjadi penghalang bagi pria bernama Dede untuk bekerja menghidupi keluarga. Ia juga rela berjauhan dengan anak dan istrinya guna mengais rezeki di ibu kota.

Garut-Jakarta menjadi saksi bahwa perjuangan pria berusia 50 tahun itu sangat besar untuk keluarga. Setiap harinya, Dede menyusuri jalan sambil memikul peralatan sol sepatu tanpa kenal lelah.

"Pekerjaan saya ini (menjajakan) sol sepatu, pendapatan ya sehari kisaran 50 ribuan, keliling ke Tanjung Duren, Greenville sana, dari jam 8 pagi sampe sore," kata Dede kepada MNC Portal saat ditemui di Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat, Sabtu (4/5/2024).

Selama 20 tahun, Dede tidak menyerah dengan pekerjaan yang digelutinya. Meskipun penghasilan tidak menentu, Dede berhasil memberikan pendidikan yang layak bagi kedua anaknya hingga sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Udah 20 tahunan, saya tinggal di Jelambar (Grogol Petamburan, Jakarta Barat) sama temen-temen, ngontrak aja, keluarga ada di kampung, saya merantau dari Garut," ucapnya sambil berkaca-kaca.

Bahkan, Dede bercerita bahwa anaknya yang paling kecil, melanjutkan pendidikan untuk mendalami ilmu agama setelah lulus SMK. Sementara, satu lainnya telah menikah.

Topik Menarik