Korban Banjir Lebak Pilih <i>Ngungsi</i> Takut Sungai Cibereum Meluap Lagi

Korban Banjir Lebak Pilih Ngungsi Takut Sungai Cibereum Meluap Lagi

Terkini | okezone | Jum'at, 3 Mei 2024 - 01:30
share

LEBAK - Sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK) di Desa Pasir Kembang, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memutuskan untuk mengungsi ke rumah sanak saudara, Kamis (2/5/2024).

Hal itu dilakukan lantaran saat ini kondisi air belum juga surut dan masih menggenangi rumah mereka. Belum lagi rasa khawatir akan volume air Sungai Cibereum kembali meluap.

"Yang mengungsi itu kebanyakan ibu-ibu dan anak kecil ke rumah sanak saudara nya yang agak jauh dari Sungai Cibereum,"kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama saat dihubungi.

Kata Febby, mereka terpaksa melakukan hal tersebut lantaran sampai dengan saat ini hingga malam BMKG memprediksi hujan masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Lebak.

"Mereka khawatir nanti malam Sungai kembali meluap sehingga kesulitan menyelamatkan diri. Kalau bapak-bapaknya mayoritas masih bertahan di rumah masing-masing,"tuturnya.

Proses evakuasi pengungsian, lanjut Febby, dilakukan secara bertahap. Di mana para penyintas banjir menyeberangi sungai Cibereum menggunakan perahu karet yang disediakan BPBD.

"Evakuasi pengungsian itu pakai perahu karet, karena daerah di seberang Sungai Cibereum itu aman tidak terdampak banjir,"tandasnya.

Topik Menarik