Mendagri Serahkan Data Pemilih Potensial Pilkada 2024 ke KPU, Jumlahnya 207 Juta Jiwa

Mendagri Serahkan Data Pemilih Potensial Pilkada 2024 ke KPU, Jumlahnya 207 Juta Jiwa

Nasional | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 17:22
share

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. DP4 tersebut akan menjadi acuan KPU dalam menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2024.

Dokumen DP4 itu diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024).

Tito menjelaskan, kriteria yang masuk dalam DP4 itu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memasuki usia 17 tahun pada 27 November nanti. Kemudian, bukan dari anggota TNI-Polri.

 BACA JUGA:

"Dari data yang ada, totalnya 207.110.768 jiwa, untuk yang laki-laki 103.228.748 sedangkan wanitanya sedikit lebih banyak 103.882.020," kata Tito saat ditemui seusai penyerahan DP4 ke KPU.

Tito menjelaskan, jumlah tersebut belum pasti. Menurutnya, jumlah yang ia setorkan ke KPU masih dinamis karena bisa saja ada perubahan.

"Data nanti kan dinamis, artinya dipengaruhi oleh data pindah alamat, data kematian, yang masuk menjadi anggota TNI polri otomatis gapunya hak pilih," ujarnya.

 BACA JUGA:

Tito melanjutkan, selanjutnya KPU akan melakukan validasi sinkronisasi berdasarkan basis data yang ada untuk mengupdate daftar pemilih tetap (DPT).

"Sehingga pada waktu hari H kita harapkan semua yang memiliki hak pilih itu betul-betul mereka terdata. Tadi saya mengharapkan, dukungan dari KPU selain kerja sama, koordinasi yang terus dijalin sambil untuk mengupdate data ini," ucapnya.

Topik Menarik