7 Hasil Pertanian Israel Terbesar yang Didapat dari Merampas Tanah Palestina

7 Hasil Pertanian Israel Terbesar yang Didapat dari Merampas Tanah Palestina

Berita Utama | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 16:50
share

ISRAEL - Wilayah Palestina yang diambil alih oleh Israel telah menghambat pembangunan sosial dan ekonomi Palestina. Hal ini berbanding terbalik dengan Israel sebagai pihak yang mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) Palestina dan memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Keadaan perang yang sedang terjadi sekarang ini juga semakin menambah beban penderitaan Palestina. Banyak korban jiwa, infrastruktur rusak parah, perekonomian yang semakin memburuk, dan ditutupnya jaringan komunikasi dan internet.

Pendudukan Israel di wilayah Palestina sejak mendapat dukungan Inggris untuk membentuk negara Israel melalui deklarasi Balfour pada tahun 1917 telah menyisakan sedikit tempat bagi warga Palestina. Mulai dari daerah pemukiman hingga lahan pertanian semua diambil alih oleh Israel dan diatur dibawah pemerintahan Israel.

Banyak lahan pertanian yang dieksploitasi dan hasilnya dijadikan milik Israel. Mengutip halaman resmi PBB, perwakilan Negara Palestina menyampaikan bahwa Israel menerapkan keputusan militer dan undang-undang yang diskriminatif sehingga berdampak pada sumber daya alam dan pembangunan ekonomi Palestina.

Israel juga mencabut manfaat World Trade Organization (WTO) Palestina berupa 14,5 untuk biaya transportasi, transit, dan pengiriman ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Melansir laporan dari International Trade Administration, total ekspor hasil pertanian Israel pada tahun 2021 yaitu sebesar USD2,4 juta atau setara dengan Rp39,7 miliar. Berikut tujuh hasil pertanian Israel yang terbesar menurut data dari Statista.

1. Alpukat

Nilai ekspor alpukat Israel pada tahun 2021 bernilai USD198 ribu (3,2 miliar rupiah), pada tahun 2020 bernilai USD177 ribu (Rp2,8 miliar), dan pada tahun 2019 bernilai USD163 ribu (Rp2,6 miliar).

2. Kurma

Nilai ekspor kurma Israel pada tahun 2021 bernilai USD182 ribu (Rp2,9 miliar), pada tahun 2020 bernilai USD166 ribu (Rp2,7 miliar), dan pada tahun 2019 bernilai USD150 ribu (Rp2,4 miliar). Jenis kurma yang paling terkenal dari Israel adalah kurma Medjool. Kurma Medjool memiliki ukuran yang besar dan rasanya yang manis seperti karamel.

Topik Menarik