Berapa Biaya Pembangunan Gaza Palestina agar Pulih Seperti Semula?

Berapa Biaya Pembangunan Gaza Palestina agar Pulih Seperti Semula?

Global | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:44
share

PALESTINA - Gaza mengalami kerusakan yang parah akibat serangan dan pengeboman yang dilakukan oleh Israel . Sejak serangan pertama oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober diikuti oleh serangan balasan oleh Israel yang hingga sekarang masih berlangsung telah menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan dari pihak Palestina .

Selain itu Israel banyak menyerang wilayah Palestina yang penuh dengan pemukiman warga serta sarana prasarana umum seperti rumah sakit, sekolah, dan gedung kampus. Hal ini menyebabkan kerusakan infrastruktur yang membutuhkan dana yang tidak murah untuk memperbaikinya.

Mengutip Reuters, dana yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah di Gaza kira-kira sebesar USD15 miliar atau setara Rp43 triliun. Mohammed Mustafa selaku kepala Dana Investasi Palestina menyampaikan jumlah unit rumah yang telah rusak berdasarkan laporan internasional diperkirakan berjumlah 350.000 unit rumah.

Dia juga berasumsi jumlah rumah yang harus dibangun kembali sebanyak 150.000 rumah dengan biaya rata-rata USD100 ribu (Rp1 miliar) per unitnya.

Kami masih belum membicarakan infrastruktur, kami belum membicarakan rumah sakit yang rusak, jaringan listrik, dan lainnya katanya di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Topik Menarik