Pimpinan KPK Persilahkan Dewas Proses Etik Nurul Ghufron

Pimpinan KPK Persilahkan Dewas Proses Etik Nurul Ghufron

Nasional | okezone | Selasa, 30 April 2024 - 16:43
share

JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilahkan Dewan Pengawas (Dewas) untuk mengusut perkara etik yang menyeret nama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Terkait dengan masalah etik dan sebagainya, itu masalah lain. Semua tetap berjalan. Kemarin pak Nawawi selaku ketua sudah menyampaikan kepada Dewas juga, bahwa silakan terkait dengan masalah pemeriksaan itu, silakan dilakukan, kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak kepada wartawan, Selasa (30/4/2024).

Tanak menyebutkan, kerja KPK juga berjalan normal meski ada perselisihan antara pihaknya dengan Dewas. Dia menegaskan, kerja penindakan dan pencegahan KPK masih bergulir.

Kita tetap menjalankan tugas kita dalam upaya penegakan hukum, khususnya dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi, baik dari aspek pencegahan maupun dari aspek penindakan, aspek pencegahan yang saat ini sedang kita lakukan. Dan aspek penindakan tetap ada kita lakukan itu, ujarnya.

Lebih jauh, Tanak juga menyebutkan bahwa ada diskusi di antara pimpinan KPK terkait gugatan terhadap Dewas ke PTUN. Akan tetapi, ia memastikan gugatan itu bersifat pribadi.

Kita cuma berdiskusi saja, berdiskusi biasa saja. Tapi kan kalau kemudian oh saya mau mengugat ya itu hak beliau pribadi kan. Kita engga bisa kemudian eh jangan lah. Nanti kita katakan jangan, kita lagi yang disalahkan kan, jelasnya.

Sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan dugaan penyalahgunaan wewenang Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, terkait mutasi PNS di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Topik Menarik