KPK Luncurkan Survei Integritas Pendidikan Cegah Korupsi Sejak Dini

KPK Luncurkan Survei Integritas Pendidikan Cegah Korupsi Sejak Dini

Berita Utama | okezone | Selasa, 30 April 2024 - 13:43
share
 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan 2023 dan Sosialisasi SPI Pendidikan 2024.

“Kami dari KPK melakukan peluncuran Indeks Integritas Pendidikan 2023 dan Sosialisasi SPI Pendidikan 2024 yang merupakan salah satu program di KPK yang diberi tugas memberantas korupsi,” kata Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Tanak menilai, kegiatan ini sangat penting dalam kaitannya di dunia pendidikan. Sebab, hal itu bertujuan untuk menciptakan tidak ada lagi tindak pidana korupsi di Indonesia.

 BACA JUGA:

“Kegiatan ini sangat penting dalam kaitannya dengan pendidikan. Mulai sejak dini, di negara ini KPK coba berpikir melalui Deputi Pendidikan coba berpikir apa upaya atau apa langkah kita yang perlu kita lakukan agar nantinya kita berharap sebagaimana harapan dari masyarakat dan bangsa kita ini tidak ada lagi korupsi atau zero corruption di tahun emas 2045,” ujar dia.

Di dunia pendidikan, lanjut Tanak, pencegahan sejak dini penting ditanamkan, agar nantinya ketika masuk ke dunia kerja tidak ada pemikiran untuk melakukan korupsi.

“Mulai sejak dini kita sudah mencoba mengajak mereka supaya pada saat pendidikan jangan nyontek dan jangan suatu hal yang tidak sesuai dengan yang seharusnya,” ungkapnya.

 BACA JUGA:

“Di mana adanya ini tentunya tidak terlepas dengan adanya pada diri setiap orang yang terkait dengan integritas pada setiap orang. Ini lah integritas pada masa anak-anak, masa didik ini lah yang kita coba tanamkan pada mereka, sehingga nantinya harapan kita korupsi bisa kita hindari sejak dini,” sambung dia.

Ia mengatakan kegiatan ini turut melibatkan sejumlah kementerian seperti Kementerian Agama, Kemendikbudristek, Kemendagri dan Bappenas.

Topik Menarik