Fosil Ular Raksasa Berusia 47 Juta Tahun Ditemukan di India, Segini Ukurannya!

Fosil Ular Raksasa Berusia 47 Juta Tahun Ditemukan di India, Segini Ukurannya!

Terkini | okezone | Senin, 29 April 2024 - 07:14
share

PAKAR paleontologi Gujarat, India menemukan fosil ular raksasa yang digandang-gadang menjadi ular terbesar yang pernah ditemukan di wilayah itu. Sisa-sisa ular tersebut berasal dari zaman purba terdahulu.

Berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh para peneliti di Institut Teknologi India Roorkee (IIT Roorkee), diketahui bahwa sisa-sisa fosil dari hewan reptil tersebut memiliki panjang antara 10 hingga 15 meter yang ditemukan di Tabang Panandhro Lignite Gujarat di Kutch.

Para peneliti memperkirakan bahwa fosil-fosil tersebut telah berusia 47 juta tahun. Laporan terkait penemuan fosil ular raksasa tersebut telah dipublikasikan melalui Journal Scientific Reports.

Profesor Sunil Bajpai dan Debajit Datta dari IIT Roorkee juga menemukan bagian penting dan memberitahukan bahwa mereka mendapati 27 buah tulang belakang ular raksasa tersebut.

(Foto: dinoanimals)

Ular predator dari zaman purba ini diketahui memiliki nama ilmiah Vasuki Indicus yang merupakan nama yang sama dengan ular Vasuki yang terdapat dalam mitologi Hindu.

Menurut mitologi Hindu sendiri, Vasuki merupakan dewa ular yang kuat atau sering disimbolkan sebagai raja ulah.

Vasuki juga mempunyai peran penting dalam kitab suci Hindu yaitu melambangkan perlindungan ilahi.

Dari penemuan para peneliti, Vasuki diperkirakan dapat menyaingi ukuran spesies ular terkenal yaitu Titanoboa. Vasuki pun diyakini mempunyai bentuk tubuh yang lebar dan silindris yang menandakan tubuh nan kuat dan kokoh.

Topik Menarik