Berkaca pada Putusan MK, Pilkada Serentak 2024 Diprediksi Banyak Lawan Kotak Kosong

Berkaca pada Putusan MK, Pilkada Serentak 2024 Diprediksi Banyak Lawan Kotak Kosong

Nasional | okezone | Minggu, 28 April 2024 - 17:01
share

JAKARTA - Pendiri Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio memprediksi banyak Pilkada serentak yang dilaksanakan pada November 2024 akan melawan kotak kosong.

Hal tersebut disampaikan Hendri kepada awak media usai publikasi Lembaga Survei KedaiKOPI terkait Perilaku dan Kebiasaan Mudik Lebaran yang dipublikasikan pada Minggu (28/4/2024) siang di Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

"Saya mau menambahkan sedikit, Pilkada itu ada aturan dua kalau mereka maju Pilkada mereka harus mundur dari DPR. Sementara ada beberapa anggota DPR saat Pemilihan Legislatif kemarin jor-joran luar biasa, jor-joran dalam arti money politiknya besar," ujar Hendri Satrio.

Dengan kekuatan politik yang ada, Hendri Satrio melihat Caleg terpilih akan berpikir ribuan kali sebelum nekat ingin maju ke Pilkada serentak November 2024 mendatang berkaca dari Pemilu 2024 dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau kemudian mereka harus mundur meninggalkan anggota DPR atau DPRD nya, mereka pasti pikir-pikir, apalagi dengan pengalaman kemarin dissenting Hakim MK menyebutkan ada Bansos, kemudian ada pertolongan Pj (Penjabat Kepala Daerah) itu tidak bisa dipungkiri, nah mungkin ada tokoh-tokoh yang ingin maju Pilkada tapi sudah terpilih sebagai wakil rakyat itu pikir-pikir lagi, apalagi kalau harus hilang dua-duanya, apalagi kalau kalah dan menghadapi pemenang pemilu, cara mainnya sama seperti kemarin, tiga hakim M yang dissenting opinion ya mereka pasti ngeri-ngeri juga gitu," papar Hendri Satrio.

Hendri Satrio melihat kondisi demokrasi yang tidak baik-baik saja tersebut justru sangat merugikan masyarakat pada akhirnya.

"Nah ada beberapa partai politik yang sudah puluhan calon kepala daerahnya mengundurkan diri, gak mau lagi jadi atau maju ke dalam pilkada menurut saya yang rugi juga rakyat. Karena orang-orang ini kak juga yang terbaik sebetulnya," ungkapnya.

Topik Menarik