Persiapan Pelaksanaan Haji 2024 Sudah Mencapai 90 Persen

Persiapan Pelaksanaan Haji 2024 Sudah Mencapai 90 Persen

Berita Utama | okezone | Sabtu, 27 April 2024 - 03:15
share

JAKARTA Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat, memastikan, secara keseluruhan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 sudah mencapai 90 persen.

Persiapan tersebut mencakup berbagai hal, seperti pemondokan jamaah haji, akomodasi ibadah haji, pelayanan Kesehatan dan sebagainya.

Layanan haji di Arab Saudi sudah selesai dikontrak, proses bimbingan manasik sudah gencar dilakukan di Tanah Air, dan buku manasik sudah hampir semua diterima oleh jamaah haji di seluruh provinsi, tinggal menunggu proses visa dan keberangkatan, ujar Arsad saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Edukasi Media Center Haji, di Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2024).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) kata dia juga telah membuat tim khusus dan tambahan perangkat agar proses penerbitan visa bisa berjalan lancar. Terkait pengurusan visa haji, diharapkan dapat segera terbit, imbuhnya.

Arsad juga menanggapi adanya berita yang beredar bahwa haji bisa dilakukan dengan visa petugas haji padahal petugas haji telah selesai dibentuk. Dia mengimbau agar masyarakat dapat lebih teliti.

Setelah kami cek, ternyata yang dimaksud bukan visa petugas haji tetapi pekerja musiman atau bisa ummal karena vendor di Arab Saudi butuh tenaga dari asing, seperti juru masak dan sopir. Tetapi visa tersebut sebenarnya tidak bisa dipakai untuk haji, ulasnya.

Pemerintah Arab Saudi tahun menerapkan kebijakan visa haji yang sangat ketat untuk mengantisipasi kejadian tahun lalu.

Ada satu tagline Al-wathanu bila mukhalith yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi, yaitu Negara tanpa ada pelanggaran dan La hajja illa bittasyriih atau Tidak ada haji kecuali pemegang resmi visa haji, ujarnya.

Kebijakan Smart Card yang dibuat pemerintah Arab Saudi, merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa jamaah haji yang berangkat sudah sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Disisi lain, Pemerintah Arab Saudi memiliki perhatian khusus kepada jamaah haji Indonesia melalui berbagai kebijakan.

Topik Menarik