Inilah Sosok Raja Majapahit yang Paling Dibenci Banyak Orang

Inilah Sosok Raja Majapahit yang Paling Dibenci Banyak Orang

Nasional | okezone | Selasa, 23 April 2024 - 15:46
share

JAYANEGARA, Raja Majapahit yang mendapat julukan buruk. Hal itu dikarenakan ketika sang raja bertahta karena tabiat buruknya telah muncul sebelum ia menjabat sebagai penguasa.

Jayanagara memang terkenal dengan sebagai pemimpin dengan tabiat buruk. Sebagai pemimpin yang oportunis dan kerap sewenang-wenang, Jayanagara kerap kali tak bisa mendengarkan pendapat pejabat istana, apalagi para rakyatnya. Tak ayal julukan dan sindiran bernada negatif bermunculan ketika ia memimpin di Majapahit menggantikan ayahnya Raden Wijaya.

Nama Kala Gamet itu disematkan kepada raja kedua Majapahit. Sebutan ini Jayanagara sebenarnya hanya dikenal dalam Kakawin Pararaton dan Kidung Rangga Lawe, tapi bukan dalam piagam dan Kakawin Negarakretagama, dalam buku "Menuju Puncak Kemegahan : Sejarah Kerajaan Majapahit".

Pada Nagarakretagama hanya dikenal namanya, Jayanagara, dan nama itu terang bukan nama abiseka, namun memang nama kecil dari tokoh yang bersangkutan. Dalam piagam Kudadu yang dikeluarkan pada tahun Saka 1216 atau tahun Masehi 1294, telah disebut nama sri Jayanagara. Pada waktu itu, tokoh tersebut baru berumur satu atau dua tahun.

Jadi, nama Jayanagara bukanlah nama abiseka. Namun, Pararaton menyebutnya Kala Gemet yang berarti "penjahat lemah" atau "orang lemah yang jahat”. Tentu yang memberikan nama Kala Gemet pada Kidung Rangga Lawe yakni pengarangnya sendiri.

Nama Kala Gemet adalah nama sindiran kepada raja Jayanagara, yang memang kelakuannya kurang senonoh dan banyak menderita sakit. Apa yang diperbuat oleh tokoh-tokoh yang namanya disindir itu, biasanya diuraikan agak panjang lebar oleh pengarang Pararaton atau pengarang Kidung.

Topik Menarik