Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir

Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir

Terkini | okezone | Selasa, 23 April 2024 - 13:45
share

KOLAKA UTARA - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) membuat salah satu sungai besar di Kecamatan Pakue Tengah meluap pada pukul 01.00 Wita, Selasa (23/4/2024). Puluhan unit rumah dan fasilitas publik tergenang banjir setinggi lutut hingga pangkal orang dewasa.

Kepala BPBD Kolut, Andi Faizal mengatakan total hunian yang didata tergenang banjir sejumlah 43 unit. 38 di antaranya tersebar di Desa Lanipa termasuk satu masjid, sekolah TK dan sarana air bersih PDAM terdampak.

 BACA JUGA:

"Khusus di Desa Labipi hanya 5 unit dan sepanjang 200 meter tanggul beronjong sungai setempat rusak," bebernya.

Dijelaskan, hujan dengan intensitas tinggi yang membuat puluhan rumah warga terendam diakibatkan sungai yang mendangkal. Hunian masyarakat digenangi ketika mereka sedang terlelap tidur.

Atas kejadian tersebut, para korban terdampak harus terjaga hingga pagi hari lantaran diliputi rasa was-was dan takut air semakin meninggi. Mereka berupaya mengevakusi harta benda benda miliknya ke tempat yang lebih tinggi.

"Banjir berlangsung sekitar 6 jam dan perlahan surut. Kami sudah kordinasikan untuk pengerahan alat berat agar disegerakan normalisasi sungai mengingat hujan intens nyaris setiap hari," tuturnya.

 BACA JUGA:

Pasca banjir surut di pagi hari, sejumlah warga termasuk para pelajar tampak bergotong royong melakukan aksi bersih-bersih rumah dan fasilitas publik menyingkirkan sisa lumpur yang mengendap. Wilayah setempat dikemukakan kerap terendam lantaran sungai di kawasan itu mudah mendangkal dan berada di dataran rendah.

Tidak ada korban jiwa dan para personilnya BPBD telah dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga. Sementara itu pihak PDAM juga telah melakukan pengecekan dan perbaikan di lapangan agar distribusi air bersih kembali lancar.

Topik Menarik