Deretan Tempat Wisata Populer di Jepara, Tanah Kelahiran Raden Ajeng Kartini

Deretan Tempat Wisata Populer di Jepara, Tanah Kelahiran Raden Ajeng Kartini

Terkini | okezone | Sabtu, 20 April 2024 - 09:37
share

JEPARA dikenal sebagai tanah kelahiran Raden Ajeng (RA) Kartini yang merupakan tokoh emansipasi wanita Indonesia.

Selain itu, daerah ini juga memiliki deretan destinasi wisata menarik lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk liburan. Mulai dari wisata alam, bahari, air, religi hingga bertema sejarah.

Berikut Okezone rangkumkan lima destinasi wisata di Jepara yang bisa Anda jelajahi saat mengunjunginya.

1. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk berlokasi di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah atau tepatnya 15 menit dari Kota Jepara.

Tempat wisata ini disebut-sebut sebagia kawasan wisata kuliner terbesar di Jawa Tengah, dan uniknya lokasinya berada di pantai.

Menariknya lagi, hampir semua kafe atau rumah makan di sini tempatnya dibangun berupa gazebo yang lokasinya menghadap langsung ke pantai dan laut.

Menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan laut yang biru, akan membuat Anda betah berlama-lama di Pantai Pungkruk.

2. Taman Nasional Karimunjawa

Selanjutnya adalah Taman Wisata Karimunjawa, destinasi alam yang sejak dulu sudah tidak diragukan lagi keindahannya dan menjadi saat satu objek wisata paling menarik di Jepara.

Berlokasi di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Kepopuleran Karimunjawa tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja, tapi hingga ke mancanegara.

Kawasan ini terdiri dari kumpulan pulau-pulau kecil, jumlahnya bisa mencapai lebih dari 20 gugusan pulau. Sehingga membentuk tempat wisata yang menarik.

Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan di Karimunjawa, seperti snorkeling, diving, berenang, menjelajahi hutan mangrove, hingga menginap di beberapa resort dan hotel di sekitarnya.

3. Pantai Kartini

Selanjutnya selain Karimunjawa adalah Pantai Kartini yang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Jepara.

Tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang memesona, di sini juga Anda dapat melihat berbagai macam wahana dan atraksi permainan menarik yang sangat digemari oleh anak-anak.

Di Pantai Kartini biasanya digelar beberapa event, misalnya festival kebudayaan tahunan yang bernama "Lomban". Acara kebudayaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 Syawal, seminggu setelah Idulfitri dan hanya dilangsungkan selama satu hari.

Lokasinya berada di berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara atau sekitar 2,5 kilometer ke arah barat dari kantor Bupati Jepara dan sering dijadikan tempat wisata keluarga.

Topik Menarik