Kisah Warga Tagulandang, 2 Kali Jadi Saksi Meletusnya Gunung Ruang

Kisah Warga Tagulandang, 2 Kali Jadi Saksi Meletusnya Gunung Ruang

Terkini | okezone | Jum'at, 19 April 2024 - 16:30
share

GUNUNG Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dilaporkan telah mengeluarkan letusan abu vulkanik yang membuat warga sekitar yang tinggal di sekitar kaki gunung harus dievakuasi.

Bahkan meningkatkan aktivitas vulkanik tersebut membuat status Gunung Ruang berubah menjadi Awas. Kabar kurang menyenangkan ini tentunya mengejutkan masyarakat Indonesia.

Apalagi gunung tersebut sudah 22 tahun tidak menunjukan aktivitas vulkanik, meskipun tergolong gunung yang aktif. Lewat akun sosial media miliknya, Ssorang warga lokal Tagulandang bernama Fritsa Christy mengisahkan dirinya yang menjadi saksi mata meletusnya Gunung Ruang.

Perempuan 22 tahun itu sempat mengambil potret sebelum Gunung Ruang mengeluarkan letusan. Terlihat tumbuh-tumbuhan hijau mengelilingi gunung tersebut. Berdiri tegak di tengah hamparan birunya air laut, Gunung Ruang terlihat amat cantik dan asri sebelum mengeluarkan muntahan abu vulkanik yang ada di dalamnya.

Sebelumnya, Gunung Ruang seperti diungkap Fritsa lewat cuitannya yang viral sudah mendapatkan hampir 600 ribu kali penayangan tersebut, sudah pernah meletus tepatnya pada 2002, bertepatan dengan tahun kelahirannya. Kala itu gunung tersebut sempat mengeluarkan letusan hebat.

(Foto: Twitter @fritsachristy)

Gambar pertama, aku foto dari belakang rumah waktu Gunung Ruang masih baik. Meletus pertama aku lahir, dan meletus lagi pas aku mau 22 tahun, bunyi cuitan Fritsa, dikutip dari akun Twitter miliknya @fritsachristy, Jumat (19/4/2024)

Topik Menarik