3.643 Personil Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi di Kawasan Monas

3.643 Personil Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi di Kawasan Monas

Terkini | okezone | Kamis, 18 April 2024 - 15:46
share

JAKARTA - Sebanyak 3.643 personel gabungan TNI, Polri, dan Dishub dikerahkan untuk mengamankan aksi penyampaian pendapat di muka umum yang berlangsung siang ini di sekitaran Monas Jakarta Pusat. Kamis (18/04/2024).

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat, dan kami menerjunkan 3.643 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan melakukan rekayasa lalu lintas atau tidak. Rekayasa lalu linyas akan dilakukan melihat situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.

"Jika diperlukan, lanjutnya, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Maka kami himbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat," jelasnya.

Dia menegaskan, bahwa setiap warga negara berhak menyampaikan pendapat di muka umum seperti yang diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara.

Meski demikian, penyampaian pendapat harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif.

"Tidak lupa Kapolres menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," pungkas Susatyo.

Topik Menarik