Temui Menlu China, Jokowi Bahas IKN hingga Konflik Timur Tengah

Temui Menlu China, Jokowi Bahas IKN hingga Konflik Timur Tengah

Nasional | okezone | Kamis, 18 April 2024 - 11:48
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada hari ini Kamis (18/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara menyampaikan kepada Wang Yi pentingnya kedua negara meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

"Bapak Presiden menyoroti di bidang perdagangan misalnya, volume atau nilai terus meningkat dan kita melihat terus lebih seimbang. Jadi sudah sangat lebih seimbang dilihat dari perdagangan bilateral dua negara. Bapak Presiden juga mengharapkan terus dilakukannya pembukaan akses pasar produk Indonesia ke RRT termasuk penyelesaian protokol untuk impor produk pertanian dan perikanan Indonesia," kata Menlu RI Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Presiden Jokowi, kata Retno, juga mendorong kerja sama pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) termasuk untuk moda transportasi.

"Selain itu Bapak Presiden bicara mengenai masalah kereta cepat Jakarta-Bandung dan mendorong adanya alih teknologi, serta perlu percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan trase ke Surabaya," kata Retno.

Topik Menarik