Gunung Ruang Meletus, 4 Kapal Dikerahkan Evakuasi Warga dari Tagulandang

Gunung Ruang Meletus, 4 Kapal Dikerahkan Evakuasi Warga dari Tagulandang

Terkini | okezone | Kamis, 18 April 2024 - 04:34
share

JAKARTA - Gunung Ruang di Sulawesi Utara memasuki status awas atau level IV, hal ini membuat warga yang berada di radius 6 km, yakni di Pulau Tagulandang harus mengosongkan wilayahnya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, sebanyak empat kapal akan dikerahkan untuk mengevakuasi warga ke Manado.

"Besok dari Lantamal sendiri akan mendukung pengerahan KRI untuk mensupport pelaksanaan evakuasi. Jadi kalau ada KRI kemudian saat ini dalam proses evakuasi warga dari Gunung Ruang ke Tagulandang ada kapal feri penyeberangan meskipun ada 2 unit," katanya saat konferensi pers secara daring, Kamis (18/4/2024) dini hari.

"Kemudian ada kapal basarnas 1 unit yang sudah berjalan dari tadi pagi, jadi paling tidak, ada 4 kapal pasti bisa mendukung," sambungnya.

Abdul menjelaskan, butuh waktu sekitar lima hingga enam jam untuk menuju Manado dari Tagulandang menggunakan jalur laut. Sehingga pihaknya akan mengoptimalkan kapal-kapal yang ada untuk proses evakuasi.

"Kita harapkan nanti pengerahan alut baik itu dari TNI-Polri maupun Kemenhub kita akan coba optimalkan efektif dalam waktu efisiensi untuk mengevakuasi warga dari radius 6 Km," katanya.

Topik Menarik