Ketakutan Pelatih Timnas Malaysia Terbukti Nyata saat Ranking FIFA Harimau Malaya Dilewati Timnas Indonesia

Ketakutan Pelatih Timnas Malaysia Terbukti Nyata saat Ranking FIFA Harimau Malaya Dilewati Timnas Indonesia

Terkini | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 15:48
share

KUALA LUMPUR – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Kim Pan-gon sempat khawatir dengan kenaikan ranking Harimau Malaya yang cukup drastis pada beberapa bulan yang lalu. Kekhawatiran Kim Pan-gon pun kini benar-benar terbukti, sebab nyatanya Malaysia mengalami penurunan posisi ranking dunia hingga disalip tim rival mereka, yakni Timnas Indonesia.

Ya, beberapa waktu yang lalu Malaysia sempat mengalami peningkatan ranking FIFA yang signifikan. Bagaimana tidak, Malaysia yang meraih hasil positif di sejumlah laga FIFA Matchday, membuat tim asuhan Kim Pan-gon itu naik 20 posisi.

Menariknya, pada saat itu Kim Pan-gon justru tidak senang. Sebab ia khawatir kenaikan peringkat yang terlalu drastis justru membuat banyak orang berekspektasi lebih, sementara skuad Malaysia sendiri tak mengalami perkembangan yang signifikan.

“Ini (naik 20 peringkat FIFA secara cpat) sesuatu yang saya khawatirkan. Ini yang selalu saya diskusikan dengan FAM (Federasi Sepakbola Malaysia). Menurut saya, kami naik terlalu tiba-tiba, dalam peringkat pun naik tiba-tiba," kata Kim Pan-gon, dikutip dari media asal Malaysia, Makan Bola, Jumat (29/3/2024).

“Saya mengatakan ini bukan pertanda baik. Suporter akan memiliki harapan yang terlalu tinggi. Suatu hari ke depan itu bisa memengaruhi kita," tambahnya.

“Kita harus sadar bahwa kita memiliki sumber daya yang terbatas. Sehingga saya jelas khawatir,” lanjut Kim Pan-gon.

Kekhawatiran Kim Pan-gon pun kini benar-benar terjadi. Malaysia saat ini tengah terpuruk, bahkan dalam dua laga terakhir mereka di Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Harimau Malaya takluk dari Oman.

Topik Menarik