Gelandang NAC Breda Boris van Schuppen Ungkap Penyebab Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Gelandang NAC Breda Boris van Schuppen Ungkap Penyebab Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Terkini | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 13:49
share

GELANDANG NAC Breda, Boris van Schuppen , bak-blakan mengungkap penyebab dirinya tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia. Pesepakbola 22 tahun itu mengaku tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia karena tidak ada darah Indonesia di tubuhnya.

Berhubung tidak memiliki darah Indonesia, Boris van Schuppen harus melalui sederet proses naturalisasi yang rumit jika ingin mendapatkan paspor Indonesia. Pertama, ia harus ditinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.

(Boris van Schuppen, gelandang andalan NAC Breda. (Foto: Instagram/@borisvanschuppen)

Selain itu, Boris van Schuppen bisa mendapatkan paspor Indonesia jika menikahi wanita Tanah Air. Kondisi ini tentu berbeda dengan pemain-pemain diaspora di skuad Timnas Indonesia macam Thom Haye atau Ragnar Oratmangoen.

Kedua pemain ini memiliki darah Indonesia sehingga hanya perlu menjalani proses naturalisasi untuk mendapatkan paspor Indonesia. Mereka tak perlu tinggal di Indonesia selama 5 hingga 10 tahun layaknya Cristian Gonzales untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Lantas, kok bisa Boris van Schuppen tiba-tiba bicara soal Timnas Indonesia? Apakah ini ada kaitannya dengan Timnas Indonesia yang selangkah lagi lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia?

Jawabannya ternyata karena banyak netizen Tanah Air yang mengirimkannya pesan di direct message maupun kolom komentarnya di Instagram. Banyak netizen Indonesia yang meminta Boris van Schuppen membela Timnas Indonesia.

Topik Menarik