5 Penyanyi Cover yang Sempat Heboh karena Masalah Royalti

5 Penyanyi Cover yang Sempat Heboh karena Masalah Royalti

Seleb | okezone | Selasa, 5 Maret 2024 - 19:05
share

JAKARTA - Sejumlah penyanyi di Indonesia sempat terlibat masalah royalti. Pasalnya, mereka dianggap mengkomersilkan lagu tanpa seizin pencipta lagu.

Imbasnya, mereka sampai dituntut untuk meminta maaf dan mengganti rugi sejumlah uang pada sang pencipta lagu. Nahasnya, ada penyanyi yang tidak hanya satu kali tersandung kasus royalti.

Berikut, penyanyi cover yang sempat bikin heboh karena masalah royalti:

1. Via Vallen


Pedangdut Via Vallen sempat dua kali terlibat masalah royalti. Di 2018, pelantun Sayang ini sempat terkena sentil oleh Jerinx SID lantaran mengcover lagu milik Superman Is Dead berjudul 'Sunset di Tanah Anarki'.

Bukan hanya mengcover, lagu tersebut juga disebut dikomersilkan dalam bentuk DVD. Tak lama, ia juga sempat dikecam lantaran mengcover lagu BLACKPINK berjudul How You Like That.

2. Tri Suaka

Tri Suaka merupakan seorang YouTuber yang dikenal sering mengcover lagu-lagu di channelnya. Sayangnya, ia sempat dituntut oleh Erwin Agam dan band Ngatmombilungterkait royalti lagu Emas Hantaran.

Tak hanya itu, Tri Suaka juga sempat berurusan dengan band Dadali lantaran membawakan lagu mereka tanpa izin. Sampai akhirnya, Tri Suaka diminta Dadali Band untuk mengganti rugi sebesar Rp2 miliar.

3. Zinidin Zidan


ZinidinZidan dituntut oleh pencipta lagu Emas Hantaran, Erwin Agam lantaran membawakan lagu tersebut tanpa izin. Bahkan band lokalYogyakarta, Ngatmombilung, juga menuntut Zidan membayar ganti rugi terkait tudingan pelanggaran hak cipta.

Kasus tersebut diketahui cukup ramai, pasalnya sebelumnya, Zidan bersama Tri Suaka sempat memparodikan gaya Andika Mahesa alias Andika Kangen Band saat bernyanyi.

Topik Menarik