7 Bahan Kaos yang Adem, Cotton Combed Paling Populer

7 Bahan Kaos yang Adem, Cotton Combed Paling Populer

Terkini | okezone | Rabu, 28 Februari 2024 - 15:11
share

BAHAN kaos yang adem cocok untuk dikenakan di iklim tropis. Salah satu bahan yang sudah sangat populer dijadikan sebagai kaos adalah cotton alias katun.

 

Untuk membuat material ini, tenunan benang disisir terlebih dulu, selanjutnya dihaluskan agar benang-benang pendeknya tidak berserakan. Dengan cara ini, dihasilkan material tenunan berkualitas tinggi.

 

Tak katun, masih ada sejumlah bahan kaos lainnya yang juga digunakan untuk bahan pembuatan kaos. Berikut tujuh rekomendasi bahan kaos yang adem dipakai di iklim tropis.

 

1. Cotton Combed

Kaos berbahan cotton combed sudah sangat populer di Indonesia. Bahan ini juga bahan yang paling sering diolah menjadi kaos-kaos distro, kaos polos, dan kaos-kaos yang dijual di toko kaos terdekat. Cotton combed itu terbuat dari 100 katun, sehingga bahan ini sangat menyerap keringat.

 

Di cuaca yang panas, bahan ini sangatlah cocok karena kemampuannya dalam menyerap keringat tersebut. Selain itu, bahan cotton combed sangat lembut dan adem di kulit lho! Tahukah kamu jika cotton combed itu banyak jenisnya?

 

Cotton combed dibagi menjadi 3 berdasarkan ketebalannya, yaitu: 20s, 24s dan 30s. Jenis Cotton combed 20s adalah yang paling tebal dibandingkan cotton combed 24s dan cotton combed 30s.

 

2. Cotton Bamboo

Cotton bamboo atau katun bambu adalah kombinasi dari 30 katun dan 70 serat tumbuhan bambu. Katun bambu bisa menyerap keringat dengan sangat baik dan adem di kulit karena mengandung katun. Komposisi serat bambu ini menyebabkan bahan ini lebih sejuk dibandingkan cotton combed.

 

Selain itu, bamboo cotton punya beberapa keunggulan dibandingkan cotton combed, antara lain punya sifat anti-bakteri, lebih ringan dipakai dan lebih premium. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, bahan ini adalah bahan yang kami rekomendasikan. Tentu dengan kualitas yang lebih unggul dari cotton combed menjadikan harga bahan cotton bamboo lebih mahal dibandingkan cotton combed.

 

3. Cotton Viscose

Cotton viscose atau katun viscose memang tidak populer layaknya cotton combed dan cotton bamboo. Meski demikian, jenis katun ini tidak kalah bagusnya. Bahan katun rayon viscose terbuat dari 55 katun combed dan 45 viscose. Komposisi katun di dalamnya menyebabkan katun viscose ini mampu menyerap keringat dengan sangat baik.

 

Selain itu, bahan ini juga sejuk di kulit. Keunggulan katun viscose dibandingkan 2 jenis katun sebelumnya adalah kemampuan menyerap warna yang lebih bagus, sehingga warna bahan ini cemerlang. Bahan ini juga tidak mudah rusak, alias tahan lama. Dengan keunggulan tersebut, ternyata katun viscose termasuk ke bahan yang tergolong murah, lho. Jadi kamu bisa membeli bahan ini tanpa perlu membuat kantong kering.

 

4. Modal Cotton

Modal cotton termasuk bahan kaos premium. Katun ini memiliki komposisi 50 katun dan 50 serat kayu beechwood. Sama seperti bahan-bahan katun lainnya, modal cotton punya daya serap keringat yang sangat baik. Serat kayu beechwood menjadikan modal cotton lebih adem di kulit, anti bakteri dan tahan lama.

 

5. Linen

Linen diklaim memiliki kualitas yang lebih baik dari katun. Pasalnya, soal ketahanan linen memiliki daya tahan 30 lebih besar daripada katun. Selain itu, material ini juga mempunyai daya serap keringat yang lebih tinggi dan tetap nyaman dipakai di segala musim, termasuk musim panas.

 

Material ini terbuat dari serat tumbuhan sehingga sangat aman buat orang yang punya alergi. Terlebih, keberadaan materialnya dipercaya sudah cukup lama, yakni sejak zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia, tepatnya 6.000 tahun sebelum Masehi.

Topik Menarik