Viral Ulat Bulu Amerika Bunuh 16 Anak di Kabupaten Pamekasan, Ini Faktanya

Viral Ulat Bulu Amerika Bunuh 16 Anak di Kabupaten Pamekasan, Ini Faktanya

Terkini | okezone | Selasa, 27 Februari 2024 - 20:00
share

BELUM lama ini beredar di media sosial soal ulat bulu Amerika yang telah memakan korban 16 anak di Kabupaten Pamekasan. Unggahan tersebut menjadi viral dan menggemparkan jagad maya.

Bahkan dalam unggahan tersebut disebut bahwa ulat bulu Amerika ini memiliki bisa yang sangat beracun melebihi ular. Cukup dengan memegangnya saja, seseorang dapat dengan mudah mengalami kejang-kejang dan meninggal dunia.

"Himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia kalau melihat hewan ini tolong dihindari apa lagi anak-anak ini ulat dari Amerika tampaknya ulat ini sudah membunuh anak 16 jiwa awal dikira anak burung jatuh setelah dipegang anak itu kejang-kejang dan tak lama meninggal racunnya melebihi bisa ular," tulis unggahan tersebut.

Lantas apakah hal tersebut benar, atau hanya hoax belaka?

Merangkum dari laman resmi Kominfo, Selasa (27/2/2024), klaim ulat bulu Amerika telah memakan korban adalah tidak benar alias hoax. Dalam unggahannya Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Kabupaten Pamekasan Kompol Andy Purnomo memastikan video viral tentang ulat Amerika di Kabupaten Pamekasan adalah hoaks.

Bahkan jenis ulat bulu tersebut sebenarnya tidak ada di Indonesia. Ternyata ulat bulu itu masuk dalam kategori puss caterpillar (ulat kucing) atau ulat asp. Sengatan ulat tersebut dapat menyebabkan rasa terbakar dan rasa nyeri berdenyut hebat. Disarankan untuk menggunakan kompres es jika terkena sengatan dan apabila reaksi semakin memburuk, segera dapatkan pertolongan medis.

Topik Menarik