Istri SYL Bantah Beli Tas Mewah saat Suaminya Jabat Mentan, <i>Ngaku</i> Tak Pakai Tas Sejak 2015

Istri SYL Bantah Beli Tas Mewah saat Suaminya Jabat Mentan, Ngaku Tak Pakai Tas Sejak 2015

Nasional | okezone | Rabu, 29 Mei 2024 - 13:01
share

JAKARTA - Istri mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) , Ayunsri Harahap mengaku dirinya tak pernah menggunakan tas mewah dalam berkegiatan. Ayun beralasan kebiasaan tersebut sudah dia tinggalkan sejak 2015 lalu.

Hal tersebut disampaikan Ayun ketika menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus gratifikasi dan pemerasan oleh SYL yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

"Kemarin ada juga pernah diperlihatkan soal tas. Ibu suka bawa-bawa tas kalau ke mana-mana ya?" tanya Penasihat Hukum SYL Djamaludin Koedoeboen.

"Dulu, waktu saya belum patah (tulang), saya suka sekali," ucap Ayun.

"Dulu itu tahun berapa?" tanya Penasihat Hukum, lagi.

"Saya mulai suka tas itu 2003 dan koleksi saya 2003. Kalau lengkap surat-suratnya kadang-kadang saya jual dan saya beli lagi, tapi jarang sekali yang baru pak," ungkap Ayun.

Penasihat hukum mendalami apakah Ayun pernah membeli atau menerima tas selama suaminya yaitu SYL menjabat sebagai Menteri Pertanian. Ayun mengaku tidak pernah lagi membeli tas.

"Selama pak menteri menjabat pernah ibu membeli atau dibelikan tas?" tanya Penasihat Hukum.

"Tidak. Pak menteri itu suka marah. Tidak boleh lagi. Katanya 'Mau bikin sayur apa?'," ujar Ayun.

"Sejak kapan ibu tidak menggunakan tas?" tanya Penasihat Hukum.

"Sejak 2015, saya kumpulkan sendiri, sekali-kali saja bawa satu, kemudian ada instruksi ibu negara kita harus meningkatkan pemasaran UMKM, jadi dilarang barang luar atau bukan merek Indonesia. Oleh karena itu, sudah lama (tas) itu saya simpan," pungkas Ayun.

Di persidangan sebelumnya, Senin (27/5), tim jaksa KPK menampilkan bukti tas Dior yang berhasil disita penyidik dari rumah dinas SYL. Tas tersebut diduga milik Ayun, tetapi dibantah.

Sementara itu, saksi Raden Kiky Mulya Putra selaku mantan Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian mengungkapkan SYL pernah membebani anggaran kementerian untuk membeli tas Dior. Dua tas yang dibeli seharga Rp105 juta.

"Kalau enggak salah tas Dior mereknya untuk pak menteri dan ibu menteri," ucap Kiky dalam persidangan beberapa waktu lalu.

Pada hari ini, tim jaksa KPK menghadirkan 14 orang saksi yang berasal dari keluarga SYL, Kementan, dan internal Partai NasDem.

Topik Menarik