5 Fakta BMKG Ingatkan Potensi Gempa Besar Sesar Lembang, Guncangannya sampai Jakarta

5 Fakta BMKG Ingatkan Potensi Gempa Besar Sesar Lembang, Guncangannya sampai Jakarta

Nasional | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 04:00
share

BANDUNG - Provinsi Jawa Barat, khususnya Kota Bandung merupakan wilayah yang memiliki potensi bencana cukup tinggi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kondisi geologi yang rawan bencana.

Salah satu potensi bencana yang mengintai yakni adanya Sesar Lembang. Sesar aktif ini sewaktu-waktu berpotensi menimbulkan gempa yang merusak dan menelan korban jiwa.

Okezone merangkum 5 fakta soal Sesar Lembang yang berpotensi akibatkan gempa besar. Berikut ulasannya:

1. Potensi Gempa Sesar Lembang Bermagnitudo 7

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Virga Librian mengatakan, dari hasil riset, potensi gempa akibat pergerakan Sesar Lembang bisa mencapai magnitudo 6,5-7 dan merupakan gempa besar berdasarkan beberapa parameter.

2. Gempa Sesar Lembang Berdampak sampai Jakarta

Berdasarkan potensi tersebut, lanjut Virga, BMKG sudah membuat peta skenario guncangan, hasilnya wilayah Bandung Raya berdampak 5-8 MMI.

"Berdasarkan skenario hampir seluruh Jawa Barat, Banten dan Jakarta akan terdampak (sesar Lembang). Bandung Raya terdampak 5-8 MMI seperti KBB, Kota Bandung, Subang, Purwakarta yang terdampak signifikan dan merusak," kata Virga dala. keterangannya dikutip, Kamis (9/5/2024).

3. BMKG Pantau Sesar Lembang dengan Pasang 6 Sensor

Virga mengatakan, saat ini, BMKG telah memiliki alat seismometer dan seismograf sebanyak 31 sensor di seluruh Jabar. "Khusus untuk memantau aktivitas sesar lembang sendiri saat ini kita menambah 6 sensor lokal," ucapnya.

Di sisi lain, Virga menilai jika literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan guna meminimalkan risiko bencana sepeti gempa bumi.

Topik Menarik