7 Cerita Mistis Gunung Salak Bikin Merinding, Kampung Setan hingga Hewan Raksasa

7 Cerita Mistis Gunung Salak Bikin Merinding, Kampung Setan hingga Hewan Raksasa

Nasional | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 07:30
share

HARI ini 12 tahun lalu, pesawat Sukhoi Superjet 100 menabrak Gunung Salak menewaskan 45 orang. Tragedi pada 9 Mei 2012 itu, salah satu peristiwa kelam dalam dunia penerbangan Indonesia.

Gunung Salak yang berada dalam Taman Nasional Gunung Halimun-Salak salah satu destinasi pendakian favorit di Jawa Barat.

Selain indah, gunung api yang terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor itu juga dikenal angker serta menyimpan beragam cerita mistis.

Berikut cerita-cerita mistis Gunung Salak yang masih dipercaya sebagian orang :

1. Puncak Manik

Gunung Salak berusia relatif tua sehingga memiliki beberapa puncak. Tertinggi adalah Puncak Salak I dengan ketinggian puncak 2.211 MDPL. Nama Salak yang ditabalkan pada gunung tersebut diyakni berasal dari kata bahasa Sanskerta, "Salaka" yang artinya perak.

Gunung Salak memiliki Puncak Manik yang diyakini sebagai letak kerajaan gaib Pajajaran. Selain itu, pada bulan-bulan tertentu Puncak Manik diceritakan sebagai tempat digelarnya acara Dongdang yang dimainkan oleh bangsa gaib.

Puncak Manik Gunung Salak

Bahkan, jika pendaki berada di sekitaran tempat tersebut akan mengalami berbagai kejadian yang tidak masuk akal. Seperti halnya, cuaca yang berubah secara tiba-tiba, atau juga hembusan angin yang dirasa tak tentu arahnya.

2. Kampung Setan

Gunung Salak dipercaya ada Kampung Setan. Cerita ini awalnya dikisahkan seorang pendaki yang sedang beristirahat di warung sekitar area pendakian.

 BACA JUGA:

Dikutip dari iNews Jabar, pendaki itu awalnya hanya membeli dan memakan pisang goreng. Setelah selesai makan, pendaki itu sadar bahwa warung tersebut tiba-tiba menghilang dan hawa di sekitarnya berubah menjadi panas.

Pendaki bersama rombongannya bisa kembali ke rombongannya dan pendaki meyakini di sekitar area jalur pendakian tersebut terdapat Kampung Setan yang mana warganya gemar mengusili pendaki saat trekking.

3. Suara Gamelan

Warga mengaku ada suara gamelan mistis di Gunung Salak jika mendaki ke arah puncak. Menurut pengakuan warga, banyak sekali pendaki yang mendengar suara gamelan yang entah berasal dari mana.

Pendaki tersebut mengikuti asal suara itu berasal dan kemudian pendaki itu hilang tanpa jejak hingga tidak ditemukan hingga sekarang. Banyak juga pendaki yang tersesat akibat terhipnotis dan mengikuti suara gamelan itu.

Pendakian Gunung Salak

4. Harta Karun Belanda

Saat Jepang masuk ke Indonesia 1942, Belanda memiliki inisiatif untuk mengubur kekayaan mereka di Gunung Salak agar tidak diketahui dan dirampas oleh pihak Jepang.

 BACA JUGA:

Mereka berencana untuk menggali harta di Gunung Salak tersebut setelah Jepang menyerah dan angkat kaki dari Nusantara. Namun faktanya, setelah Indonesia merdeka justru Belanda sulit kembali menguasai Indonesia dan menggali kekayaan mereka di Gunung Salak.

Akhirnya mereka pun meninggalkan bumi pertiwi tanpa kekayaan sedikitpun. Berita tersebut mulai menyebar di kalangan warga yang tinggal di dekat kaki Gunung Salak. Mereka beramai-ramai mencari harta tersebut di lokasi Belanda menguburkan warisan harta kekayaan tersebut. Namun semuanya nihil karena mereka hanya menemukan mayat warga Belanda yang tewas akibat pertempuran.

Kisah ini merupakan salah satu cerita mistis di Gunung Salak yang beredar di masyarakat.

5. Menelan Korban Jiwa

Cerita mistis Gunung Salak lainnya, yakni beberapa spot angker yang membuat para pendaki harus cemas ketika melintasi jalur tersebut. Tempat ini, yaitu Curug Seribu.

 BACA JUGA:

Di curug ini banyak sekali arwah yang mampu membuat pendaki menjadi tersesat, kemudian tewas secara mengenaskan ataupun hilang tanpa jejak.

Kemudian ada area pendakian yang perlu diwaspadai oleh pendaki ketika melewati jalur tersebut. Jalur pendakian terkadang mampu menelan banyak korban jiwa, dan juga banyak korban yang tidak bisa ditemukan oleh tim SAR.

Topik Menarik