Deretan 6 Sosok Komandan Pasukan Khusus di TNI, dari Danjen Kopassus hingga Dandenjaka

Deretan 6 Sosok Komandan Pasukan Khusus di TNI, dari Danjen Kopassus hingga Dandenjaka

Nasional | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 04:21
share

Setidaknya ada enam sosok komandan pasukan khusus di Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pasukan khusus di TNI tersebut di antaranya Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) hingga Komandan Detasemen Jala Mangkara (Dandenjaka).

Berikut penjelasan singkat tentang enam sosok komandan pasukan khusus di TNI, yakni:

1. Mayjen TNI Djon Afriandi (Danjen Kopassus)

Mayjen TNI Djon Afriandi. Foto/Tangkapan layar YouTube

Jenderal lulusan Akademi Militer (Akmil) 1995 tersebut, kini menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Baca juga: Kisah Kekuatan Pasukan Khusus Prabu Siliwangi yang Mengerikan

Jenderal bintang dua Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) kelahiran Juni 1972 di Payakumbuh, Sumatra Barat ini menjabat Danjen Kopassus berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, yang ditetapkan pada Rabu, 21 Februari 2024

2. Laksma TNI Baroyo Eko Basuki (Danpuskopaska)

Gubernur AAL Laksda TNI Supardi menerima kunjungan kerja Danpuskopaska TNI AL Laksma TNI Baroyo Eko Basuki. Foto/Dok/AAL

Laksma Baroyo Eko Basuki menjabat sebagai Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska) berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Kebijakan mutasi tersebut ditetapkan Panglima TNI pada Senin, 16 Januari 2023. Sosok Perwira Tinggi (Pati) TNI AL kelahiran 29 Desember 1973 ini merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1995.

3. Marsda TNI Yudi Bustami (Dankopasgat)

Marsda TNI Yudi Bustami. Foto/MPI

Penunjukan Marsekal Muda (Marsda) TNI Yudi Bustami menjadi Dankopasgat tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tanggal 29 November 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Pati TNI AU kelahiran 27 Januari 1967 di Bandung, Jawa Barat ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989.

4. Mayjen TNI Achiruddin (Danpaspampres)

Mayjen TNI Achiruddin. Foto/Istimewa

Jenderal bintang dua TNI AD ini menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Figur kelahiran Jakarta, 15 November 1975 sebelumnya menjabat Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) dari tahun 2022-2023. Lulusan Akmil tahun 1997 ini dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

5. Mayjen TNI Endi Supardi (Dankormar)

Endi Supardi merupakan jebolan AAL angkatan 1990. Penunjukan Mayjen Endi Supardi menjabat Komandan Korps Marinir (Dankormar) berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Kebijakan mutasi yang ditetapkan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Senin, 2 Oktober 2023. Jabatan terakhir Jenderal bintang dua ini adalah Gubernur AAL.

6. Kolonel Mar Rino Rianto (Dandenjaka)

Kolonel Mar Rino Rianto. Foto/Istimewa

Kolonel Rino Rianto menjabat Komandan Detasemen Jala Mangkara (Dandenjaka) TNI AL setelah serah terima jabatan (Sertijab) di Kesatrian Marinir Arthur Solangs, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis 9 November 2023.

Dikutip dari kodiklatal.tnial.mil.id, Kolonel Rino Rianto merupakan Alumni AAL Tahun 1999. Sebelum menjabat Dandenjaka, Rino Rianto menjabat sebagai Sahli A Bidang Operasi Korps Marinir.

Topik Menarik