Punya Golden Tiket, PKB Siap Lawan Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Punya Golden Tiket, PKB Siap Lawan Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Nasional | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:32
share

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan partainya akan mencalonkan kader sendiri dan siap menghadapi petahana Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jawa Timur 2024.

Sebagai pemenang Pemilu 2024 di Jatim, PKB bisa mengusung calon gubernur sendiri tanpa perlu koalisi. Tapi, meski punya golden tiket, Cak Imin mengaku PKB tetap butuh teman koalisi.

"Golden tiket di Jawa Timur kita sedang proses (penjaringan calon gubernur), kita juga butuh koalisi, kita butuh ketokohan, kita butuh mesin pemenangan. Jadi kita siap (melawan) petahana (Khofifah), kan kita partai pemenang," ujar Gus Imin di sela Ta'aruf Politik Calon Kepala Daerah di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

 BACA JUGA:

Gus Imin mengaku PKB percaya diri untuk memajukan kader internal di Jawa Timur.

"Macem-macem, ada yang rata-rata di provinsi hanya Jawa Timur yang mandiri, harus koalisi di berbagai provinsi. Kalau di Kabupaten banyak yang bisa mandiri," terang Gus Imin.

Terkait kemungkinan nama-nama yang memiliki elektabilitas tinggi di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, Muhaimin Iskandar mengaku masih membuka pintu penjaringan bakal calon kepala daerah hingga hari terakhir pendaftaran yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 BACA JUGA:

Terkait apakah di Jakarta, PKB akan mengusung Ida Fauziah sebagai bakal calon gubernur, Gus Imin mengaku masih dalam tahap proses pematangan.

"Sedang dalam proses hitung-hitungan elektabilitas dan seterusnya (kriteria lainnya seperti kapasitas kapabilitas, visi)," pungkas Muhaimin Iskandar.

Topik Menarik