Shin Tae-yong Optimis Garuda Muda Punya Kesempatan Bermain di Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong Optimis Garuda Muda Punya Kesempatan Bermain di Olimpiade Paris 2024

Nasional | karawang.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 12:21
share

JAKARTAiNewsKarawang. id-Setelah dikalahkan Uzbekistan 0-2 dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengungkapkan, saat ini para pemainnya sedang mengalami kelelahan baik secara mental maupun fisik.

"Saya masih optimis Garuda Muda  lolos ke Olimpiade Paris 2024,"ujar Shin Tae-yong.

Sementara  Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 berrmain di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB, Indonesia sempat unggul lebih dulu pada menit 61 lewat gol Muhammad Ferarri, tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit setelah melihat tayangan VAR.

Pasalnya, Ramadhan Sananta dianggap dalam posisi offside dalam duel perebutan umpan silang Pratama Arhan sebelum terjadinya gol.

Pada menit 68, Indonesia pun kebobolan oleh Uzbekistan lewat gol Khusayin Norchaev. Kemudian, gol bunuh diri Pratama Arhan menyempurnakan kemenangan sang lawan pada menit 86 setelah empat menit sebelumnya Marselino Ferdinan dan kolega bermain dengan 10 pemain usai Rizky Ridho diganjar kartu merah langsung oleh wasit.

Hasil tersebut pun membuat Skuad Garuda Muda gagal ke final Piala Asia U-23 2024 sehingga belum mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Namun, masih ada dua kesempatan lagi bagi Marselino Ferdinan dan kolega untuk bisa tampil di pesta olahraga terakbar di dunia itu.

Shin Tae-yong sendiri masih optimis Indonesia mampu lolos ke Olimpiade Paris 2024. Meski saat ini dia mengakui timnya sedang kelelahan secara mental dan fisik setelah dibungkam oleh Uzbekistan.

“Saya percaya kepada diri sendiri dan para pemain. Kami semua meyakini akan lolos ke Olimpiade. Tapi, saat ini pemain sedang lelah, baik secara mental dan fisik,” kata Shin dalam konferensi pers pasca laga, Senin (30/4/2024).

“Kami masih mempunyai pertandingan penting pada 2 Mei. Kami harus mendapatkan istirahat yang cukup, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk laga berikutnya,” tambahnya.

Adapun kesempatan pertama bagi Indonesia untuk bisa lolos ke Paris 2024 adalah dengan memenangkan pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 kontra Irak, yang dikalahkan Jepang di semifinal dengan skor 0-2. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa

Jika kalah, kesempatan terakhir masih dimiliki oleh Tim Merah-Putih. Syaratnya adalah dengan memenangkan laga playoff antar benua kontra Guinea, yang merupakan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, yang mana pertandingan itu akan digelar di Paris, Prancis, pada 9 Mei mendatang.

Uzbekistan sendiri berhasil melangkah ke final Piala Asia U-23 2024 untuk melawan Jepang. Hasil tersebut pun membuat kedua finalis berhasil menyegel tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Topik Menarik