Kisah Prajurit Kostrad Bikin Ciut Nyali Ketua PKI DN Aidit

Kisah Prajurit Kostrad Bikin Ciut Nyali Ketua PKI DN Aidit

Nasional | okezone | Rabu, 17 April 2024 - 06:00
share

JAKARTA - Prajurit Kostrad memilikin sejumlah kisah heroik dalam perjalanan korps dari matra darat itu. Salah satunya soal prajurit Kostrad bentak bos besar ketua PKI hingga nyali orang kiri itu ciut.

Peristiwa itu terjadi pada tahun 1960-an yang mana Partai Komunis Indonesia (PKI) dipimpin oleh DN Aidit.

Pada 22 November 1965, sekelompok tentara menyatroni rumah Kasim, seorang kader PKI yang dipakai DN Aidit untuk bersembunyi.

Saat itu, gerakan PKI memang akan dibubarkan saat Soeharto menjadi Jenderal Beberapa pasukan tentara itu di pimpin oleh Kolonel Jasir Hadibroto yang memang ditugaskan Pangkostrad Mayjen Soeharto dikirim ke Jawa Tengah untuk membantu pasukan RPKAD yang dipimpin Sarwo Edhie Wibowo membersihkan dan mengejar para pentolan PKI.

Sebagian tentara lalu ditugaskan untuk tetap menjaga rumah. Sebagian lainnya membawa Kasim si pemilik rumah ke markas untuk diinterogasi. Di markas tentara, baru Kasim buka mulut, menunjukkan di mana Aidit sembunyi.

Tak mau buruannya lepas, para tentara segera balik lagi ke rumah Kasim. Dengan todongan senjata, Kasim menggeser sebuah lemari yang ada dalam satu ruangan. Setelah digeser, di balik lemari itu satu pintu rahasia. Pimpinan tentara saat itu, Letnan Ming Priyatno yakin Aidit sembunyi di balik pintu itu. Ia pun menodongkan senjata sambil berteriak, meminta Aidit keluar dari persembunyiannya.

Topik Menarik