Pilkada 2024, Bawaslu: Pengawasan Pencalonan Kepala Daerah di Bulan Mei

Pilkada 2024, Bawaslu: Pengawasan Pencalonan Kepala Daerah di Bulan Mei

Nasional | okezone | Selasa, 16 April 2024 - 16:45
share

JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja mengungkapkan persiapan pihaknya dalam menyambut Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang.

Saat ini, Bawaslu RI tengah mempersiapkan panitia pengawas (Panwas) adhoc atau sementara, dan juga menentukan evaluasi dalam seleksi Panwas adhoc di tingkat kecamatan dan pengawas kelurahan atau desa (PKD).

"Kemudian, kalau NPHD (naskah perjanjian hibah daerah) belum selesai, hampir seluruhnya selesai NPHD, tinggal sekarang kita memepersiapkan setelah ini akan mempersiapkan untuk pengawasan tahapan pencalonan perseorangan Pilkada di bulan Mei. Pertengahan Mei akan ada pencalonan perseorangan," kata Bagja saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Selasa (16/4/2024).

Namun saat ini, sengketa Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK) masih jadi prioritas Bawaslu untuk menyelesaikan rangkaian agenda Pemilu 2024 tersebut.

"Kami akan mengumpulkan data-data, sekarang sudah terkumpul, sekarang kita cross check lagi kembali untuk data-data penanganan pelanggaran pileg, khusus pileg, bukan hanya pilpres kemarinkan pilpres, (sekarang) pileg dan juga persoalan-persoalan yang ada pada saat rekpitulasi baik di tingkat adhoc maupun tingkat kabupaten kota dan provinsi," tutur Bagja.

"Ini kita lagi siapkan, nanti setelah tanggal 22 (April) tentu tanggal 29 kan akan dimulai sidang pileg. Kita akan melihat nanti proses-proses yang ada," pungkasnya.

Topik Menarik