Arus Balik Masih Landai, Contraflow Tol Japek Ditutup Sementara

Arus Balik Masih Landai, Contraflow Tol Japek Ditutup Sementara

Nasional | okezone | Minggu, 14 April 2024 - 09:46
share

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) menutup sementara jalur contraflow di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang dimulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Minggu (14/4/3023) sejak pukul 08.00 WIB. Alasannya karena belum ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan.

Namun, berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi hampir semua gardu tol di GT Cikampek Utama dioperasikan. Hanya menyisakan 2 gardu tol untuk kendaraan dari arah Jakarta kearah Cipali.

Hal ini disebabkan karena dari KM 72 sampai Gerbang Tol Cikampek Utama masih diberlakukan contra flow sebanyak 2 lajur. Sehingga penutupan contra flow dimulai dari GT Cikampek Utama.

"Betul, (contraflow sudah ditutup), sejak jam 08.00 tadi," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani kepada MNC Portal .

Faiza menjelaskan penutupan jalur contraflow itu menimbang kondisi volume kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama yang ke arah Jakarta sudah lebih lenggang jika dibandingkan kemarin malam.

"Jasa Marga memberikan data kendaraan yang ada di traffic counting seperti di KM 70 dan KM 50. Saat ini lalu lintas cenderung landai sehingga lalu lintas tersebut masih bisa dilayani dengan kapasitas jalur normal Jakarta-Cikampek" sambungnya.

Sebelumnya PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan perpanjangan contraflow 1 lajur dari KM 70 s.d KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dimulai sejak Jumat 12 April 2024 malam.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo mengatakan, terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Jakarta pada Ruas Jalan Tol JakartaCikampek mulai meningkat.

PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ujarnya dalam keterangan resmi.

Topik Menarik