Pilot Susi Air yang Disandera OPM Minta TNI Tak Lepaskan Bom Udara di Papua

Pilot Susi Air yang Disandera OPM Minta TNI Tak Lepaskan Bom Udara di Papua

Nasional | okezone | Minggu, 14 April 2024 - 06:14
share

PAPUA - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka atau TPNPB-OPM kembali merilis video terkait kondisi pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang telah disandera selama lebih dari setahun. Video berdurasi panjang kini sudah tersebar di kalangan masyarakat Papua.

Dalam video yang beredar, Philip terlihat dikawal oleh sejumlah anggota OPM bersenjata lengkap. Tidak dijelaskan kapan dan di mana video tersebut direkam. Namun video ini telah tersebar di dunia maya dan sudah banyak beredar di masyarakat.

Dalam video itu, Philip meminta TNI jangan lagi menggunakan pesawat tempur dalam upaya pembebasannya dan berhenti melepaskan bom dari udara di wilayah Papua.

"Saya masih di sini. Untuk TNI jangan pakai pesawat tempur melepas bom besar, orang-orang di sini minta tolong jangan pakai pesawat tempur, jangan pakai bom,” kata Philip dalam video.

Philip juga meminta bantuan dari negara asing untuk berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia terkait penggunaan pesawat tempur.

Sementara itu melalui keterangan tertulisnya, juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom menyebut TNI telah menjatuhkan bom di daerah Kwiyawagi, Geselma, Yuguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunugan.

Ia mengancam akan membawa Philip ke medan pertempuran apabila TNI tetap tidak menghentikan upaya penyerangan dengan pesawat pembom.

Topik Menarik