Peristiwa 14 April : Tragedi Titanic hingga Pembunuhan Presiden Abraham Lincoln

Peristiwa 14 April : Tragedi Titanic hingga Pembunuhan Presiden Abraham Lincoln

Nasional | okezone | Minggu, 14 April 2024 - 04:04
share

BERBAGAI peristiwa penting terjadi pada 14 April di berbagai belahan dunia. Sebagian di antaranya tercatat dalam lembaran sejarah. Misalnya tenggelamnya kapal RMS Titanic yang menewaskan lebih 1.500 orang. Kemudian penembakan Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln.

Nah, Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 14 April dari tahun ke tahun merujuk berbagai sumber.

Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 14 April:

1. Kapal Titanic Menabrak Gunung Es

Kapal penumpang super Britania Raya, RMS Titanic menabrak sebuah gunung es di Samudra Atlantik Utara pada 14 April 1912 sekira pukul 23.40 waktu setempat. Insiden kecelakaan menabrak gunung es itu membuat salah satu kapal terbesar pada jamannya tersebut tenggelam dan menewaskan 1.514 penumpangnya.

Titanic tenggelam pada saat melaksanakan pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York. Kapal Titanic tenggelam pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es dan merobek lambung kapal serta mengoyak lima dari 16 kompartemen kedap airnya.

Insiden kecelakaan pelayaran kapal Titanic itu menjadi bencana maritim terkelam pada masanya. Sebab, kapal yang super megah itu tidak didukung dengan perahu sekoci yang bisa mengangkut seluruh penumpang.

Titanic dilaporkan hanya memiliki 20 sekoci yang mampu mengangkut 1.178 penumpang. Padahal, jumlah penumpang kapal Titanic sendiri tercatat ada sekira 2.000an.

2. Presiden Amerika Abraham Lincoln Ditembak

Abraham Lincoln, Presiden ke-16 Amerika Serikat dibunuh oleh seorang pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa, John Wilkes Booth. Ia dibunuh dengan cara ditembak di teater Ford, Washington, Amerika Serikat, pada 14 April 1865.

Keesokan harinya, atau 15 April 1865, Abraham Lincoln meninggal dunia karena luka tembaknya. Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat pertama yang dibunuh. Ia dikenang Amerika dan dunia sebagai pejuang demokrasi.

Pembunuh Lincoln, John Wilkes juga dikenal sebagai pendukung konfederasi yang menentang diserahkannya tentara konfederasi kepada pemerintah setelah perang saudara berakhir. John Wilkes kemudian juga meninggal dibunuh.

3. Hungaria Merdeka dari Austria

Hungaria merupakan sebuah negara yang terkurung oleh daratan di Eropa tengah. Negara ini berbatasan dengan Austria, Slowakia, Ukraina, Kroasia, dan Serbia. Dalam sejarahnya, Hungaria beberapa kali mengalami revolusi.

Pada 14 April 1849, Hungaria tercatat memproklamirkan kemerdekaannya dari Austria. Revolusi dan perang antara rakyat Hungaria dengan Austria berlangsung sejak 1848-1849. Pada April 1849, Hungaria akhirnya memproklamirkan kemerdekaannya dari Austria.

4. Badai Es di Sydney

Kota Sydney di Australia pernah mengalami bencana badai es pada 14 April 1999. Badai es ini merupakan salah satu bencana yang paling merugikan di Australia. Sebab, kerusakan akibat bencana ini meluas di sepanjang timur New South Wales.

Badai ini dilaporkan menjatuhkan sekira 500.000 ton batu es. Kerusakan asuransi akibat badai es ini mencapai 1,7 miliar dolar Amerika Serikat. Tak hanya itu, petir akibat badai ini juga menewaskan satu warga Sydney.

Topik Menarik