Diperingati Tiap 7 April, Begini Sejarah Hari Kesehatan Dunia dan Berdirinya WHO

Diperingati Tiap 7 April, Begini Sejarah Hari Kesehatan Dunia dan Berdirinya WHO

Nasional | okezone | Minggu, 7 April 2024 - 04:06
share

HARI Kesehatan Dunia diperingati setiap 7 April untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu kesehatan global. Tanggal ini dipilih merujuk pada pendirian Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

WHO resmi berdiri pada 7 April 1948 setelah 61 negara menandatangani perjanjian pembentukannya. WHO bekerja dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatur dan mengoordinasikan isu-isu kesehatan global.

Pembentukan WHO mulanya diusulkan oleh pejabat Brasil dan China, pada Desember 1945. Mereka menilai pentingnya ada lembaga kesehatan internasional yang independen dari pengaruh pemerintah, bertugas menangani masalah kesehatan global.

Kemudian pembentukan konstitusi WHO disetujui di New York, Amerika Serikat pada 1946. Sembilan bulan kemudian pada 7 April 1948, diresmikanlah pendirian WHO.

Sejurus dengan adanya WHO dicetuskan juga Hari Kesehatan Dunia yang diperingati pertama kali pada 22 Juli 1949. Dalam perjalanannya, peringatan World Health Day kemudian digeser ke 7 April, menyesuaikan dengan tanggal berdirinya WHO.

WHO yang bermarkas di Jenewa Swiss memiliki 194 negara anggota. WHO punya 6 kantor regional masing-masing di India, Manila, Kairo, Washington DC, Kopenhagen, dan Brazeville (Kongo).

Dalam laman resmi WHO disebutkan bahwa saat ini lebih dari 7.000 staf WHO di seluruh dunia, yang bekerja di tiga tingkatan global, kawasan, dan negara, berkolaborasi dengan pemerintah 194 negara anggota dan mitra-mitra lain untuk mencapai visi pendirian WHO, yaitu pencapaian tingkat kesehatan setinggi mungkin oleh semua orang.

Melalui kantor-kantor perwakilan di negara-negara, organisasi ini memberikan dukungan teknis kepada pemerintah negara-negara anggota.

Kantor WHO Kawasan Asia Tenggara yang berlokasi di New Delhi, India meliputi 11 negara, termasuk Indonesia. Indonesia bergabung dengan WHO sejak 23 Mei 1950.

Topik Menarik