Puncak Arus Mudik, GT Cikampek Utama Diprediksi Padat pada Malam hingga Dini Hari

Puncak Arus Mudik, GT Cikampek Utama Diprediksi Padat pada Malam hingga Dini Hari

Nasional | okezone | Sabtu, 6 April 2024 - 21:51
share

KARAWANG - Arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama), Karawang, Jawa Barat, masih ramai lancar hingga Sabtu (6/4/2024) malam. Padahal, puncak arus mudik 2024 diprediksi terjadi hari ini.

Terkait hal itu, Marketing & Communication Departement Head Jasa Marga, Faiza, buka suara. Dia membenarkan jika intensitas arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang di ruas tol Jakarta-Cikampek meningkat pada sore hingga dini hari. Bahkan, pola arus lalu lintas itu, kata Faiza, sudah terlihat sejak 3 hari terakhir.

"Betul, jadi memang trennya itu pada saat masih puasa periodenya itu pada saat buka, terus menerus tuh, tarawih dan sebagainya, abis itu lanjut sampai malam hari, dini hari, sampai subuh," kata Faiza di kantor Jasa Marga GT Cikatama, hari ini.

"Sepertinya mereka sudah prepare, polanya itu sehabis buka puasa, makan malam gitu ya, abis itu melakukan perjalanan dan memilih sahur di jalan," sambungnya.

Faiza menyebut, pihaknya belum bisa memastikan puncak arus mudik terjadi hari ini. Sebab, arus lalu lintas bergerak sangat dinamis.

"Jadi ini sekitar dua sampai tiga hari ini pola itu yang terjadi (padat di malam sampai dini hari), makanya tadi saya bilang untuk prediksi puncak masih melihat kondisi sampai dengan esok hari karena belum kita bisa putuskan, terlalu cepat gitu ya kalau kita putuskan hari ini," jelasnya.

Faiza kembali mengimbau pemudik untuk memilih jam perjalanan disaat intensitas kendaraan di tol Jakarta-Cikampek lengang.

"Iya jadi biasanya kayak tadi subuh kita lihat banyak pengguna jalan yang menggunakan lokasi gerbang tol untuk sholat subuh gitu ya, nah itu terpantau sudah mulai padat pada pagi hari, ketika di atas jam 9 itu cenderung lengang," pungkasnya.

Topik Menarik