Tewas Ditembak TNI, Ini Daftar Kejahatan Komandan KKB Abubakar Kogoya Menurut Polisi

Tewas Ditembak TNI, Ini Daftar Kejahatan Komandan KKB Abubakar Kogoya Menurut Polisi

Nasional | okezone | Sabtu, 6 April 2024 - 13:21
share

JAKARTA - Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Abubakar Kogoya alias Abubakar Tabuni tewas ditembak pasukan TNI-Polri dari Satgas Damai Cartenz di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis 4 April 2024 sore. Abubakar merupakan Komandan Operasi Umum Kodap 8 Intan Jaya.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024, Kombes Faizal Ramadhani mengatakan bahwa Abubakar Kogoya memiliki sederet catatan kejahatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Intan Jaya dan Tembagapura.

Abubakar Kogoya, kata Faizal, berperan penting dalam penembakan terhadap anggota Brimob, Bharada Almin dan Brigadir Mufadol di Mile 69 Tembagapura, Mimika, pada 21 Oktober 2017.

 BACA JUGA:

"Aksi tersebut mengakibatkan korban terkena peluru dan mengalami luka tembak di bagian perut kanan dan kaki kanan,” ujar Faizal dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (6/4/2024).

Faizal mengungkapkan aksi kedua terjadi pada 14 November 2017. Abubakar Kogoya diduga terlibat dalam penembakan terhadap mobil LWB di Mile 69 Tembagapura yang mengenai bagian badan mobil dan paha kiri korban atas nama Raden Totok Soedewo.

“Tak berhenti di situ, pelaku kembali membuat aksi ganguan kamtibmas pada tanggal 30 maret 2020, di mana Abubakar Kogoya alias Abubakar Tabuni terlibat penembakan warga sipil di Parkiran Gedung OB-1, Alun-Alun Kuala Kencana Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika. Insiden tersebut menewaskan 1 orang warga negara asing dan menyebabkan 2 orang lainnya terluka,” jelas Faizal.

 BACA JUGA:

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno mengatakan bahwa berdasarkan catatan kriminal di kepolisian, Abubakar Kogoya alias Abubakar Tabuni adalah sosok KKB yang aktif terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan yang mengancam keamanan di wilayah Mimika.

“Pengungkapan aksi kejahatan Abu Bakar Kogoya alias Abu Bakar Tabuni dan tindakan tegas yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz-2024 adalah bagian dari upaya Polri untuk menegakkan hukum, melindungi warga, dan menjaga keamanan di wilayah Papua khususnya Mimika dari ancaman kelompok kriminal bersenjata,” kata Bayu Suseno.

Topik Menarik