Hakim MK Arief Hidayat Sebut Pilpres 2024 Lebih Hiruk Pikuk: Ada Pelanggaran Etik!

Hakim MK Arief Hidayat Sebut Pilpres 2024 Lebih Hiruk Pikuk: Ada Pelanggaran Etik!

Nasional | okezone | Jum'at, 5 April 2024 - 13:34
share

JAKARTA - Hakim anggota Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menyebut bahwa kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini lebih hiruk pikuk dibanding Pilpres di periode sebelumnya.

Penilaian ini disampaikan Arief kepada empat menteri kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang digelar di GedungMK, Jumat (5/4/2024).

"Saya kebetulan hakim konstitusi di antara kita bersembilan itu yang terlibat mengadili pilpres dan pileg 3 kali, jadi saya mempunyai pemahaman yang agak kompherensif mendalam. Pilpres kali ini lebih hiruk pikuk," kata hakim Arief.

Menurut dia, Pilpres kali ini diikuti dengan beberapa hal peristiwa yang sangat spesifik. Arief berpandangan, hal ini yang membuat berbeda dengan Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

"(Pilpres 2024) Ada pelanggaran etik yang dilakukan diMK, dilakukan di KPU dan banyak lagi yang menyebabkan hiruk pikuk itu. Nah yang terutama mendapat perhatian yang sangat luas dan kemudian didalilkan oleh pemohon itu cawe-cawenya kepala negara," ujarnya.

Topik Menarik