Jadi Ahli Prabowo di MK, Eddy Hiariej Tegaskan Dirinya Bukan Tersangka Korupsi

Jadi Ahli Prabowo di MK, Eddy Hiariej Tegaskan Dirinya Bukan Tersangka Korupsi

Nasional | okezone | Kamis, 4 April 2024 - 13:05
share

JAKARTA - Tim Pembela Prabowo-Gibran menghadirkan mantan Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej sebagai ahli dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Sebelum memberikan keterangan, Eddy yang merupakan Guru Besar Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) menegaskan dirinya bukan tersangka korupsi.

Hal itu disampaikan Eddy ketika Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Bambang Widjojanto memilih tidak mendengarkan keterangan dari Eddy. Bambang sebelumnya menyebut Eddy masih berstatus tersangka korupsi usai mengutip adanya pemberitaan diturunkannya sprindik penyidikan baru terhadap Wakil Menteri Hukum dan HAM itu.

"Saya juga saya kira berhak untuk tidak terjadi character assasination karena begitu dikatan oleh saudara Bambang hari ini pemberitaan dengan seketika mempersoalkan keberadaan saya," kata Eddy di Ruang Sidang MK, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).

Eddy menilai apa yang disebut Bambang ketika mengutip sebuah pemberitaan tidak disampaikan secara utuh. Menurutnya, justru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menerbitkan sprindik umum dengan melihat perkembangan kasus.

"Pemberitaan yang disampaikan oleh saudara Bambang itu disampaikan secara utuh, pada saat itu Ali Fikri juru bicara (KPK) mengatakan akan menerbitkan sprindik umum dengan melihat perkembangan kasus," ungkap dia.

Eddy juga menegaskan status dirinya sudah tak jadi tersangka setelah memenangkan pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Eddy bahkan sempat menyinggung Bambang di momen ini.

"Status saya sebagai tersangka sudah saya challenge di PN Jakarta Selatan dan putusan tanggal 30 (Januari 2024) membatalkan status saya. Jadi saya berbeda dengan saudara Bambang Widjojanto yang ketika ditetapkan sebagai tersangka dia tidak menchallenge tapi mengharapkan kasihannya Jaksa Agung," tutupnya.

Topik Menarik