Gibran soal 4 Menteri Jokowi Dipanggil MK : Jalani Saja Prosesnya

Gibran soal 4 Menteri Jokowi Dipanggil MK : Jalani Saja Prosesnya

Nasional | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 17:51
share

SOLO - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menanggapi pemanggilan 4 menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh Mahkamah Konstitusi untuk hadir memberi keterangan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 pada Jumat 5 April.

"Ya dijalani saja prosesnya," ujar Gibran saat ditanya wartawan terkait pemanggilan empat menteri di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Empat menteri yang akan dimintai keterangan oleh MK sebagai saksi adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Gibran menegaskan bahwa pihaknya menghargai proses sidang yang saat terus berjalan. "Kita menghargai proses yang berjalan di sana," lanjut wapres terpilih pendamping Prabowo Subianto itu .

Namun ketika dimintai tanggapan terkait pemanggilan Airlangga Hartarto yang bagian dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran enggan memberikan keterangan.

Sebelumnya, Ketua MK Suhartoyo menjelaskan agenda mendengar keterangan saksi dijadwalkan pada Jumat 5 April 2024. Pemanggilan empat menteri merupakan keputusan hasil rapat hakim konstitusi.

Selain empat menteri Jokowi, di hari yang sama MK juga memanggil Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

"Jumat akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan hasil rapat Yang Mulia Para Hakim tadi pagi," ujar Suhartoyo, Senin 1 April 2024.

Topik Menarik