Cuaca saat Mudik Lebaran, BMKG: 3 sampai 9 April 2024 Didominasi Hujan Ringan hingga Sedang

Cuaca saat Mudik Lebaran, BMKG: 3 sampai 9 April 2024 Didominasi Hujan Ringan hingga Sedang

Nasional | okezone | Senin, 1 April 2024 - 15:46
share

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca saat periode mudik Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H. Diprediksi pada 3 sampai 9 April cuaca di sebagian wilayah Indonesia didominasi hujan ringan hingga sedang.

Kalau berdasarkan prakiraan daripada BMKG, kondisi cuaca sepekan sebelum lebaran yaitu sekitar tanggal 3 sampai tanggal 9, itu masih didominasi adanya hujan ringan hingga sedang. Nah kalau kita lihat hujan sedang ini bisa menimbulkan kondisi cuaca ekstrem, ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto pada dialog Lebaran Aman, Mudik Ceria Penuh Makna, Senin (1/4/2024).

Lebih lanjut, Guswanto mengatakan pada periode Lebaran atau pada tanggal 10 hingga 16 April hujan di wilayah Indonesia mulai reda. Mengingat, wilayah Indonesia sebagian juga telah memasuki musim pancaroba.

Nah kemudian di posisi nanti tanggal 10 hingga tanggal 16 ya itu sudah mulai agak mereda pada saat pelaksanaan Lebaran. Karena, kita lihat juga bahwa kondisi saat ini sesungguhnya itu sudah memasuki pancaroba, jelas Guswanto.

Topik Menarik