Ramalan Jayabaya Ternyata Ditulis oleh Pujangga Terkenal Keraton Surakarta

Ramalan Jayabaya Ternyata Ditulis oleh Pujangga Terkenal Keraton Surakarta

Nasional | okezone | Minggu, 31 Maret 2024 - 04:03
share

JAKARTA - Ramalan Jayabaya begitu legendaris. Bahkan, masih menjadi sorotan hingga saat ini dengan berbagai peristiwa yang terjadi, terutama di Indonesia.

Sosok yang menulis Ramalan Jayabaya ternyata Raden Ngabehi Ranggawarsita (1802-1873 M), seorang pujangga terkemuka dari Keraton Surakarta. Ramalan tersebut menggambarkan masa depan hingga bencana yang mungkin akan terjadi.

Meskipun Ramalan Jayabaya diyakini berasal dari dinasti kerajaan Kediri di bawah pemerintahan Raja Jayabaya. Adapun penulisnya, Ranggawarsita, lahir dengan nama Bagus Burhan pada 1802 dan meninggal pada tahun 1873.

Ia terkenal sebagai seorang pujangga terkemuka di Kasunanan Surakarta. Sebagai cucu dari Yasadipura II, dia juga dikenal memiliki bakat meramal masa depan yang sering disandingkan dengan Raja Kediri Jayabaya.

Selain kemampuan meramal, Ranggawarsita juga memperkenalkan tujuh tipe kepemimpinan yang terkait dengan ramalan masa depan Nusantara. Dia menggambarkan berbagai tipologi pemimpin yang akan memerintah di Indonesia.

Topik Menarik