Kerahkan 16 Mobil Damkar, Pemadaman Kebakaran Gudang Peluru TNI Dilakukan dari Jarak 200 Meter

Kerahkan 16 Mobil Damkar, Pemadaman Kebakaran Gudang Peluru TNI Dilakukan dari Jarak 200 Meter

Nasional | okezone | Minggu, 31 Maret 2024 - 04:04
share

JAKARTA - Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebut jajaran mulai melakukan proses pemadaman di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor. Namun kata Gunawan proses pemadaman dilakukan dengan jarak 200 meter dari lokasi.

"Tidak mendekat. Hanya dia dari jarak sekitar, saya tadi lihat posisi amannya ada 200 meter dari gudang. Jadi anggota masih bisa menggerakkan dengan 200 meter itu," ujar Satriadi kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

Dia mengatakan proses pemadam akan dikerjakan oleh 16 unit mobil pemadam kebakaran di bantu dengan dua unit robotik.

"Malam ini kita mengerahkan hampir sebanyak 16 unit dengan dua unit robotik ditambah unit unit pompa kemudian ditambah dengan Bogor dan Bekasi sekitar 8 unit jadi penambahan," sambungnya.

Satriadi menjelaskan, pengerahan dua unit robotik itu ditujukan agar mengurangi resiko kecelakaan kerja pada petugas pemadam kebakaran.

"Jadi memang untuk mengalihkan risiko terhadap personel kita menggunakan 2 unit robotik," terang Satriadi.

Ia berkata, robot itu akan dikendalikan melalui remote dari jarak sekitar 500 meter. "Jadi itu digerakkan oleh operator dari jarak jauh yang sudah terlindung dengan tanggul," katanya.

Di robot itu, kata Satriadi, terdapat kamera yang terpasang untuk memantau kondisi dalam gudang amunisi yang terbakar. Selain itu, robot tersebut juga sudah dilengkapi dengan thermal guna mendeteksi titik api.

"Di robot itu ada thermal, thermal itu membaca lokasi itu masih ada titik apinya atau tidak? titik panasnya masih ada ga? Kalau ga ada berarti kita lihat keterangan, berarti sudah aman. Nanti kalau sudah aman, baru kita lakukan memastikan masuk ke dalam personelnya bisa masuk ke dalam," terangnya.

Topik Menarik