Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka, Ini Peran Harvey Moeis dalam Kasus Korupsi Timah

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka, Ini Peran Harvey Moeis dalam Kasus Korupsi Timah

Nasional | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 13:33
share

JAKARTA - Harvey Moeis, suami aktris Sandra Dewi, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi. Ia terjerat perkara terkait tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk periode 2015 hingga 2022.

Kasus ini bermula dari pertemuan sejumlah tersangka dengan mantan petinggi PT Timah Tbk. (TINS) pada tahun 2018 untuk melakukan penambangan yang ilegal. Riza Pahlevi dan Emil Emindra, petinggi PT Timah, diduga terlibat dalam mengakomodir kegiatan pertambangan timah yang tidak sah.

Hasil dari pertemuan tersebut adalah kerja sama antara PT Timah dan beberapa perusahaan swasta untuk menyewa peralatan guna proses peleburan.

Untuk memberikan kesan legalitas pada bijih timah ilegal, sejumlah perusahaan swasta berkolaborasi dengan PT Timah dalam penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK).

Selain itu, tersangka juga diduga melegalisasi kegiatan perusahaan boneka dalam pertambangan timah dengan menerbitkan Surat Perintah Kerja Borongan Pengangkutan Sisa Hasil Pengolahan (SHP) mineral timah.

Adapun, untuk memenuhi kebutuhan bijih timah, telah disepakati tujuh perusahaan boneka, yaitu CV BJA, CV RTP, CV BLA, CV BSP, CV SJP, CV BPR, dan CV SMS.

Topik Menarik