BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor di Bandung Barat

BNPB Sebut 11 Orang Hilang Akibat Longsor di Bandung Barat

Nasional | sindonews | Kamis, 28 Maret 2024 - 09:35
share

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 11 korban hilang akibat longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Dari jumlah tersebut, 10 korban hilang di Desa Cipongkor dan 1 orang di Kecamatan Rongga.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan saat ini fokus dari tim tanggap darurat yang sudah dibentuk oleh Bupati Bandung Barat adalah melakukan proses pencarian dan pertolongan kepada korban yang dinyatakan hilang.

“Nah untuk korban hilang ini, secara total untuk Desa Cipongkor itu ada 10 korban hilang kemudian di Kecamatan Rongga itu ada 1 korban hilang. Jadi total korban hilang akibat banjir dan longsor di Bandung Barat ini ada 11. Yang untuk 1 orang hilang di Kecamatan Rongga itu masih dalam upaya pencarian,” ujar Aam sapaan Abdul Muhari pada Disaster News Update, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Update Banjir dan Longsor Bandung Barat: 527 Warga Terdampak, 10 Hilang

Aam mengatakan dari laporan yang didapat oleh Kepala BNPB Suharyanto pada saat kunjungan ke lokasi bencana dari 10 orang yang dinyatakan hilang di Desa Cipongkor, sebanyak 4 orang telah ditemukan dan teridentifikasi.

“Kemudian yang untuk Kecamatan Cipongkor per hari kemarin pukul 17.00, kebetulan Kepala BNPB dan Ka Pusdatinkom BNPB berkesempatan untuk datang langsung meninjau ke lokasi Posko Penanganan Darurat di Desa Cibenda itu yang sudah ditemukan dan sudah teridentifikasi itu ada 4 orang,” kata Aam.

Baca juga: Fenomena Pergerakan Tanah di Bandung Barat, 192 Warga Mengungsi

Keempat korban tersebut diketahui bernama, Dicky Saputra berusia 4 tahun, Nur Fadilah berusia 8 tahun, Ibu Ada usia 50 tahun, dan Lastri berusia 33 tahun. ”Jadi untuk Cipongkor ini dari 10 korban yang dilaporkan hilang di lokasi longsor, itu masih ada 6 korban yang belum ditemukan,” tambahnya.

Aam menambahkan, kemarin tim SAR juga menemukan jasad balita tapi di luar area longsor. “Nah ini masih dilakukan identifikasi apakah satu jasad balita yang ditemukan kemarin itu termasuk dalam 10 yang dilaporkan hilang atau korban yang berbeda.

”Kita harapkan tim DVI Polri hari ini sudah bisa menyelesaikan identifikasi satu korban yang ditemukan kemarin. Jadi untuk Cipongkor sendiri itu masih dinyatakan oleh Posko bahwa korban hilang yang belum ditemukan itu masih 6 orang karena yang kemarin ditemukan itu di luar saat pencarian, di luar saat pencarian yang terdampak longsor,” katanya.

Topik Menarik