Di depan 8 Hakim MK, Anies Sebut Pilpres 2024 Tidak Jujur dan Adil

Di depan 8 Hakim MK, Anies Sebut Pilpres 2024 Tidak Jujur dan Adil

Nasional | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 10:55
share

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan menyatakan Pemilu 2024 dilaksanakan tidak bebas, jujur, dan adil. Menurutnya berbagai kecurangan terjadi dalam proses pelaksanaannya.

"Pertanyaannya, apakah Pilpres 2024 kemarin telah dijalankan secara bebas jujur dan adil? Izinkan kami menyampaikan jawabnya, tidak," kata Anies di depan delapan Hakim Konstitusi saat mendampingi sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di ruang sidang Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).

 BACA JUGA:

Anies menyebut Pilpres 2024 justru terjadi sebaliknya. Bahkan, praktik-praktik penyelenggaraan yang tidak bebas, jujur dan adil pun menurutnya terpampang nyata.

"Yang terjadi sebaliknya dan ini terpampang nyata di hadapan kita. Semua kita menyaksikan dengan keprihatinan mendalam," ungkap Anies.

Adapun salah satu yang disinggung ialah intervensi kekuasaan. Anies menilai intervensi itu justru menggerus independensi penyelenggara Pemilu.

 BACA JUGA:

"Independensi yang seharusnya menjadi pilar utama penyelenggaraan pemilu telah tergerus akibat intervensi kekuasaan yang tidak seharusnya

terjadi di antara penyimpangan yang kita saksikan adalah penggunaan institusi negara untuk memenangkan calon tertentu," tandasnya.

Topik Menarik