Deretan 7 Tanda Kehormatan Pahlawan Nasional Jenderal Besar Soedirman

Deretan 7 Tanda Kehormatan Pahlawan Nasional Jenderal Besar Soedirman

Nasional | okezone | Rabu, 20 Maret 2024 - 05:30
share

JAKARTA - Sejumlah tanda kehormatan yang diraih Jenderal Besar Soedirman selama perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pahlawan nasional yang lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, pada 24 Januari 1916 ini tumbuh menjadi pejuang sejati yang menggambarkan sosok tentara rakyat.

Dalam dirinya, tercermin sosok seorang pemimpin yang teguh, berintegritas tinggi, pribadi yang sederhana, jujur, dan tanpa pamrih.

Sebutan Panglima Besar dalam nama Jenderal Soedirman merupakan pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Sebutan tersebut bukanlah sebutan biasa mengingat bagaimana perjuangan Jenderal Soedirman dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dari para penjajah.

Tercatat 7 tanda kehormatan yang diraih Jenderal Besar Soedirman. Berikut ulasannya:

1. Bintang Sakti

Tanda Kehormatan Bintang Sakti merupakan penghargaan yang diberikan kepada seluruh anggota angkatan perang yang menunjukan keberanian dan ketebalan tekad melampaui dan dan melebihi panggilan dalam tugas militer.

2. Bintang Gerilya

Bintang Gerilya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Presiden Soekarno kepada Jenderal Soedirman pada tahun 1950. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin perang gerilya.

3. Bintang Mahaputra Adipurna

Secara anumerta, Jenderal Soedirman juga mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Adipurna dari Presiden Soekarno di tahun 1959. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan Jenderal Soedirman merebut kemerdekaan Indonesia.

Topik Menarik