Perwira Tinggi yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat, Nomor 1 dan 2 Ahli di Bidang Antiteror

Perwira Tinggi yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat, Nomor 1 dan 2 Ahli di Bidang Antiteror

Nasional | sindonews | Selasa, 19 Maret 2024 - 06:33
share

Terdapat tiga Perwira Tinggi (Pati) yang bertugas di Korps Baret Jingga Kopasgat . Rinciannya, satu perwira tinggi menyandang pangkat Bintang Dua dan dua perwira tinggi menyandang pangkat Bintang Satu.

Dikutip dari laman resmi kopasgat.tni-au.mil.id disebutkan, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) merupakan , pasukan elite TNI Angkatan Udara (AU). Pasukan ini telah beberapa kali berganti nama.

Pasukan ini awalnya bernama Komando Pasukan Gerak Tjepat (Kopasgat) yang ditetapkan pada 17 Oktober 1947. Dalam perjalanannya, Kopasgat kemudian berubah menjadi Kopaskhas. Namun pada pada Januari 2022 nama pasukan ini kembali menjadi Kopasgat.

Perubahan nama satuan elite TNI AU ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor Kep/66/I/2022. Sejak dibentuk hingga saat ini, Kopasgat telah banyak mewarnai perjalanan bangsa Indonesia.

Berikut ini tiga perwira tinggi yang bertugas di Kopasgat:

1. Dankopasgat Marsda TNI Yudi Bustami

Marsekal Muda (Marsda) TNI Yudi Bustami saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Kopasgat. Abituren Akademi Angkatan Udara (AAU) 1989 dari kecabangan Kopasgat dan mahir dalam bidang Antiteror (Detasemen Bravo 90) mengemban jabatan tersebut sejak November 2023.

Penunjukan Marsma TNI Yudi Bustami menjadi Dankopasgat tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tanggal 29 November 2023, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat 27 Januari 2967 ini merupakan sosok perwira tinggi TNI AU yang memiliki karier cemerlang di militer. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Denbravo 90, Danyon Komando 464, Komandan Wing 3 Paskhas dan Komandan Wing 1 Paskhas.

Tidak hanya, dia juga pernah menjabat Inspektur Korpaskhas, kemudian Wadankorpaskhas. Lama bertugas di Korps Baret Jingga, dia kemudian ditugaskan sebagai Staf Khusus KSAU pada 2018, selanjutnya Pa Sahli Kasau Bidang Sumdanas hingga Pa Sahli Tk. II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Kariernya terus menanjak, dia kemudian dipercaya menjadi Pa Sahli Tk. II Poldagri Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI, kemudian Kaskogartap II/Bandung sebelum akhirnya menjabat sebagai Komandan Kopasgat sejak November 2023 hingga sekarang.

2. Wadan Kopasgat Marsma TNI Deny Muis

Marsma TNI Deny Muis lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 dari kecabangan Kopasgat ini juga mahir dalam bidang Antiteror (Detasemen Bravo 90). Dia menjadi orang kedua di pasukan elite TNI AU sejak 16 Januari 2023.

Selama mengabdi di TNI, dia pernah dipercaya menjadi Komandan Detasemen Bravo 90, Komandan Paskhas 464/Nanggala, kemudian Wakil Asisten Pengamanan Danpaspampres dan Asisten Intelijen Dankorpaskhas. Selanjutnya, dia ditugaskan menjadi Asisten Operasi Dankorpaskhas.

Sempat bertugas di lingkaran presiden selama enam tahun dengan menjabat sebagai Komandan Grup C Paspampres pada 2014, Komandan Grup B Paspampres, dan Wadan Paspampres selama dua tahun pada 2018-2020, dia kemudian dipercaya menjadi Staf Khusus KSAU. Setelah dua tahun bertugas, dia kemudian kembali ke kesatuan lamanya dengan menjabat sebagai Inspektur Kopasgat sebelum akhirnya menjadi Wakil Komandan Kopasgat hingga sekarang.

3. Inspektur Kopasgat Marsma TNI Elia Adriyanto

Marsekal Pertama (Marsma) TNI Elia Adriyanto merupakan salah satu perwira tinggi di pasukan elite TNI AU. Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1991 dari kecabangan Kopasgat ini menjabat sebagai Inspektur Kopasgat.

Marsma TNI Elia Adriyanto juga merupakan sosok perwira tinggi yang banyak menduduki jabatan strategis. Antara lain, Dandenma Koopsau II, Danyoko 462 Paskhas, Asisten Personel Kas Korpaskhas, Danpusdiklat Paskhas, kemudian Kasubdiskemilsik Diswatpersau.

Dia kemudian dipercaya menjadi Sahli bidang Operasi dan Strategi Koopsau I, sempat menduduki jabatan Inspektur Korpaskhas, kemudian Pamen Denmabes AU, dan kembali lagi menjadi Inspektur Kopasgat hingga saat ini.

Tidak hanya itu, dia juga banyak mengikuti pendidikan militer seperti pendidikan Komando A-V, pendidikan Dalpur A-IX, dan Sussarcab Pasukan. Selain itu, pendidikan Susganti Bintal A-XXIV, Sekkau A-LXXII dan Seskoau A-XLV. Temasuk pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dan Lemhannas pada 2022 lalu.

Topik Menarik