Mengapa Bangsa Mongol Menginvasi Pulau Jawa? Cek Faktanya

Mengapa Bangsa Mongol Menginvasi Pulau Jawa? Cek Faktanya

Nasional | okezone | Selasa, 19 Maret 2024 - 06:48
share

JAKARTA - Mengapa bangsa Mongol menginvasi Pulau Jawa ? Hal ini menjadi salah satu pertanyaan yang banyak orang tidak tahu. Apalagi pasukan Mongol menelan kekalahan telak saat berusaha menguasai Jawa.

Siasat Raden Wijaya dan beberapa kawannya usai menyerang Kerajaan Kediri di bawah pimpinan Jayakatwang berhasil membuat pasukan Mongol kerepotan.

Lantas mengapa bangsa Mongol menginvasi Pulau Jawa? Pasalnya, Kaisar Kubilai Khan memerintahkan pasukannya untuk menyerang Kerajaan Singasari karena Raja Kertanegara menolak mengirimkan pangeran ke China sebagai tanda tunduk kepada Dinasti Yuan.

Sementara itu, Kau Shing yang menjadi salah satu pemimpin pasukan pun kabur meloloskan diri, dan memilih pulang dengan pasukannya ke negerinya.

Sementara itu Shih Pi dan Ike Mese, pemimpin pasukan Mongol lain yang ada di Kediri diserang secara mendadak oleh gabungan pasukan Madura dan Majapahit, kemudian memperoleh banyak dukungan dari masyarakat sekitarnya.

Alhasil pasukan Mongol ini harus melayani serangan secara terus-menerus di sepanjang perjalanan dari Kediri menuju ke Canggu. Karena serangan ini pasukan Mongol hanya bisa bertahan, dan mundur supaya tidak menderita kerugian yang lebih banyak lagi.

Topik Menarik